Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Taiwan Tuding Hacker China Incar Data Penting Pemerintah

Taiwan mengidentifikasi empat kelompok utama peretas dari China yaitu, Blacktech, Taidoor, MustangPanda, dan APT40.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 19 Agustus 2020  |  12:05 WIB
Suasana malam di Kota Taipeh, Taiwan - taiwan.gov.tw
Suasana malam di Kota Taipeh, Taiwan - taiwan.gov.tw

Bisnis.com, JAKARTA - Taiwan menuduh hacker atau peretas China telah menyusup ke dalam sistem beberapa lembaga pemerintah untuk memperoleh informasi sensitif.

Wakil Direktur Unit Keamanan Siber Biro Investigasi Taiwan Liu Chia-zung mengatakan grup peretas yang diduga didukung oleh pemerintah China menyusup ke sistem perusahaan Taiwan yang menyediakan layanan informasi kepada badan-badan pemerintah.

"Para peretas mencari informasi pemerintah dan data pribadi warga dan telah melakukan upaya ini "untuk waktu yang lama", kata Liu, Rabu (19/8/2020).

Dia juga mengidentifikasi empat kelompok utama peretas, Blacktech, Taidoor, MustangPanda, dan APT40.

Kelompok tersebut berhasil mendapatkan akses ke sistem pemerintah, Liu mengatakan penyelidik tidak dapat mengidentifikasi data apa yang telah dicuri.

Namun, ada kebocoran sekitar 6.000 e-mail pemerintah dalam satu kasus dan para peretas telah menutupi jejak mereka. Liu mengungkapkan investigator Taiwan telah menyelidiki 10 kasus peretasan dari China sepanjang 2018.

Taiwan sendiri telah lama mengkhawatirkan ancaman peretas China. Dalam pemilu presiden di Januari 2020, direktur jenderal keamanan siber Jyan Hong Wei memperkirakan China melakukan serangan siber hingga 30 juta kali terhadap Taiwan dalam sebulan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china hacker taiwan

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top