Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi: Bantuan Modal Kerja untuk 9,1 Juta UMK Cair Pekan Depan

Presiden Jokowi menyatakan bahwa bantuan modal kerja Rp2,4 kepada 9,1 juta UMK akan mulai disalurkan pada pekan depan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 19 Agustus 2020  |  16:15 WIB
Presiden Jokowi dalam acara pemberian bantuan modal kerja kepada pelaku UMKM di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (19/8 - 2020) / Youtube Setpres
Presiden Jokowi dalam acara pemberian bantuan modal kerja kepada pelaku UMKM di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (19/8 - 2020) / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa bantuan modal kerja darurat sebesar Rp2,4 juta akan diberikan secara serentak pada pekan depan kepada 9,1 juta pengusaha mikro dan kecil (UMK) yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Jadi pemerintah nanti minggu depan ini akan membagikan yang namanya modal kerja darurat namanya Banpres Produktif kepada 9,1 juta pengusaha kecil dan mikro," kata Jokowi saat membagikan bantuan modal kerja produktif kepada sejumlah pelaku UMK di Istana Merdeka, Rabu (18/8/2020).

Beberapa pelaku UMK yang hadir dalam acara tersebut mengaku omset penjualannya turun drastis di masa pagebluk Covid-19.

Kendati demikian, Presiden Jokowi tetap menyemangati dan berpesan agar para pelaku UMK tetap gigih dalam menjalankan usaha di masa pandemi Covid-19.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa pemerintah tengah mengidentifikasi sekitar 9 juta pelaku usaha sangat kecil untuk diberikan bantuan produktif sebesar sebesar Rp2,4 juta.

Pemerintah juga mengidentifikasi bantuan kredit Rp2 juta bagi pelaku usaha ultra mikro. Meski demikian, dia menyampaikan hingga saat ini realisasi bantuan masih terkendala oleh masalah data.

Pemerintah tengah melakukan proses pengumpulan data agar tidak terjadi tumpang tindih dalam realisasinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi umkm dana hibah covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top