Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deteksi Virus, Inggris Berencana Bagikan Alat Tes Cepat Covid-19

Pendeteksi Covid-19 itu mampu memberikan indikasi virus Corona dalam waktu hanya 90 menit.
Ilustrasi/Bloomberg-Hollie Adams
Ilustrasi/Bloomberg-Hollie Adams

Bisnis.com, LONDON - Alat pendeteksi Covid-19 yang memberikan hasil secara cepat akan didistribusikan ke rumah sakit dan laboratorium di Inggris

Jutaan alat tes Covid-19 yang mampu mendeteksi virus dalam waktu 90 menit itu akan dibagikan ke rumah sakit, rumah perawatan dan laboratorium di Inggris.

Pembagian alat tersebut dimaksudkan guna menambah kapasitas dalam beberapa bulan ke depan, kata Menteri Kesehatan Matt Hancock, Senin (3/8/2020).

Menurut Hancock, bakal tersedia 5,8 juta alat tes yang menggunakan DNA dan 450.000 tes usap serta tak perlu dilakukan oleh profesional kesehatan.

"Fakta bahwa alat tes ini mampu mendeteksi flu serta Covid-19 akan sangat bermanfaat ketika kami memasuki musim dingin, sehingga pasien dapat mengikuti arahan yang benar untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain," kata Hancock.

Secara terpisah, Layanan Kesehatan Nasional yang didanai pemerintah menyatakan akan membagikan obat "Covid-19 ramah" kepada pasien kanker, termasuk obat yang tak memiliki efek besar dalam sistem imun.

Sistem perawatan kesehatan Inggris kewalahan selama negara tersebut menghadapi puncak pandemi Covid-19, yang membunuh lebih dari 46.000 orang, jumlah tertinggi ke empat di dunia, menurut hitungan Reuters, Minggu.

Di jajaran negara-negara yang sedang berpacu menemukan vaksin Covid-19, Inggris termasuk berada di garis depan. Para peneliti di Laboratorium Universitas Oxford termasuk yang menelaah virus yang kini jadi pandemi itu.

Mereka telah menghasilkan calon vaksin yang kini sedang  diuji klinis  untuk melihat keampuhan dan keamanan vaksin Corona itu saat digunakan sebagai penangkal penyakit yang pertama kali muncul akhir tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper