Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menag: Situasi Covid-19 saat Iduladha Lebih Baik Dibandingkan Idulfitri

Untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19, Menag mengimbau agar penyelenggaraan ibadah pada Hari Raya Iduladha tetap menerapkan protokol kesehatan.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  18:05 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7/2020). ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay
Menteri Agama Fachrul Razi mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7/2020). ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi mengungkapkan situasi perayaan Hari Raya Iduladha tahun ini lebih baik jika dibandingkan saat Hari Raya Idulfitri pada Mei lalu.

Merujuk data harian yang diumumkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Menag mengatakan bahwa pandemi Covid-19 masih meluas di Indonesia. Namun, secara perlahan kasus Covid-19 mulai membaik jika dibandingkan saat awal kemunculannya.

“Situasi saat ini sudah sedikit lebih baik dibanding saat Idulfitri 1440 Hijriyah pada akhir bulan Mei yang lalu,” kata Menag melalui keterangan video, Kamis (30/7/2020).

Meskipun demikian, dia mengingatkan bahwa masyarakat tetap harus melaksanakan protokol kesehatan dari pemerintah. Ketentuan ini wajib dilakukan termasuk saat pelaksanaan ibadah salat Iduladha besok.

Menag mengingatkan salat Ied boleh dilaksanakan di masjid maupun di lapangan. Kecuali tempat atau daerah yang tidak diizinkan oleh pemerintah daerah maupun satgas Covid-19 setempat dengan alasan tidak aman.

Adapun, pengurus masjid diminta untuk meyakinkan bahwa lingkungan salat aman dari Covid-19, membatasi pintu masuk untuk mempermudah pengecekan suhu tubuh, serta meminta jemaah membawa peralatan salat masing-masing.

“Pakai masker, jaga jarak, tidak usah bersalaman atau berjabat. Tempat pengumpulan infaq dilakukan tanpa bersentuhan dan perpendek pelaksanaan salat tanpa mengurangi syalat,” ujar Menag.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona iduladha covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top