Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Corona, Istana Akan Mengurangi Jumlah Tamu

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan bahwa selama ini Istana telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan sangat ketat. 
Istana Merdeka/presidenri.go.id
Istana Merdeka/presidenri.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Istana bakal lebih memperketat penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19), termasuk salah satunya dengan mengurangi jumlah tamu yang masuk ke Istana.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Dia menyatakan bahwa selama ini Istana telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan sangat ketat. 

“Pengetatan sudah maksimal, bahkan sebelum adanya kasus ini [Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo] . Kami lakukan sterilisasi ruangan, pakai ultraviolet dan itu dilakukan 3 jam sebelum dilakukan aktivitas,” kata Heru dalam wawancara yang ditayangkan KompasTV, Jumat (24/7/2020).

Seperti diketahui, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo sebelumnya sempat melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi untuk membahas mengenai pencalonan bakal calon Wali Kota Solo sebelum akhirnya dinyatakan positif Covid-19. 

Achmad Purnomo, dikabarkan positif Covid-19, Jumat (24/7/2020), berdasarkan hasil swab test yang dilakukan pada akhir pekan lalu. 

Presiden Jokowi pun dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada sore ini, termasuk swab test.

“Presiden dan seluruh perangkat akan mempercepat jadwal swab test. Kebetulan memang hari ini jadwal Bapak Presiden tes kesehatan rutin,” ujarnya. 

Heru menyatakan bahwa kasus Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang dinyatakan positif setelah tidak lama sebelumnya bertemu dengan Presiden Jokowi, tidak akan membuat intensitas kerja Presiden berkurang, termasuk kegiatan tatap muka.

“Intensitas kerja beliau tidak berkurang, tapi mungkin jumlah orangnya yang akan dikurangi. Contoh, tadi ada pertemuan dengan warga, mungkin kami akan kurangi sekitar 20 orang saja dengan jarak yang lebih jauh,” jelasnya.

Lebih lanjut, Heru menyatakan bahwa Istana selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 kepada setiap tamu yang hadir. Seluruh tamu yang akan masuk ke Istana diwajibkan menjalankan tes cepat atau rapid test

“Dalam istana pun letak kursi dan meja diberi jarak antara satu sama lainnya. Bapak Presiden dan perangkat, kami semua yang melayani Presiden juga selalu melakukan tes kesehatan rutin,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper