Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Corona, Istana Akan Mengurangi Jumlah Tamu

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan bahwa selama ini Istana telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan sangat ketat. 
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  17:39 WIB
Istana Merdeka - presidenri.go.id
Istana Merdeka - presidenri.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Istana bakal lebih memperketat penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19), termasuk salah satunya dengan mengurangi jumlah tamu yang masuk ke Istana.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Dia menyatakan bahwa selama ini Istana telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan sangat ketat. 

“Pengetatan sudah maksimal, bahkan sebelum adanya kasus ini [Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo] . Kami lakukan sterilisasi ruangan, pakai ultraviolet dan itu dilakukan 3 jam sebelum dilakukan aktivitas,” kata Heru dalam wawancara yang ditayangkan KompasTV, Jumat (24/7/2020).

Seperti diketahui, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo sebelumnya sempat melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi untuk membahas mengenai pencalonan bakal calon Wali Kota Solo sebelum akhirnya dinyatakan positif Covid-19. 

Achmad Purnomo, dikabarkan positif Covid-19, Jumat (24/7/2020), berdasarkan hasil swab test yang dilakukan pada akhir pekan lalu. 

Presiden Jokowi pun dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada sore ini, termasuk swab test.

“Presiden dan seluruh perangkat akan mempercepat jadwal swab test. Kebetulan memang hari ini jadwal Bapak Presiden tes kesehatan rutin,” ujarnya. 

Heru menyatakan bahwa kasus Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang dinyatakan positif setelah tidak lama sebelumnya bertemu dengan Presiden Jokowi, tidak akan membuat intensitas kerja Presiden berkurang, termasuk kegiatan tatap muka.

“Intensitas kerja beliau tidak berkurang, tapi mungkin jumlah orangnya yang akan dikurangi. Contoh, tadi ada pertemuan dengan warga, mungkin kami akan kurangi sekitar 20 orang saja dengan jarak yang lebih jauh,” jelasnya.

Lebih lanjut, Heru menyatakan bahwa Istana selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 kepada setiap tamu yang hadir. Seluruh tamu yang akan masuk ke Istana diwajibkan menjalankan tes cepat atau rapid test

“Dalam istana pun letak kursi dan meja diberi jarak antara satu sama lainnya. Bapak Presiden dan perangkat, kami semua yang melayani Presiden juga selalu melakukan tes kesehatan rutin,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Virus Corona
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top