Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WHO: Kondisi Kian Parah di AS dan Brasil, 13 Juta Terinfeksi Covid-19

Penyebaran wabah Covid-19 akan semakin memburuk akibat negara-negara di dunia gagal mematuhi tindakan pencegahan kesehatan yang ketat, menurut pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia.
Media breafing WHO 8 jam yang lalu
Media breafing WHO 8 jam yang lalu

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebaran wabah Covid-19 akan semakin memburuk akibat negara-negara di dunia gagal mematuhi tindakan pencegahan kesehatan yang ketat, menurut pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia.

"Biarkan saya berterus terang, terlalu banyak negara menuju ke arah yang salah, virus tetap menjadi musuh publik nomor satu," ujar Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus pada briefing virtual dari kantor pusat badan PBB di Jenewa, Senin (13/7/2020) tengah malam waktu Jakarta.

Dia menegaskan jika aturan dasar tidak diikuti sebagai satu-satunya jalan untuk menghentikan pandemi ini maka kondisi akan semakin memburuk. Hingga kini infeksi global dilaporkan telah mencapai 13 Juta dan lebih dari setengah juta angka kematian.

Tedros, yang kepemimpinannya dikritik oleh Presiden AS Donald Trump, mengatakan bahwa dari 230.000 kasus baru hingga Minggu, 80 persen berasal dari 10 negara dan 50 persen dari hanya dua negara. Amerika Serikat dan Brasil terpukul paling parah.

Sementra itu Kepala Kedaruratan WHO, Mike Ryan mengatakan beberapa tempat di Amerika Serikat mungkin memerlukan "penguncian terbatas. Alasannya karena di area tertentu transmisi sudah di luar kendali sebagaimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Selasa (14/7/2020).

Oleh karena itu dia mendesak negara-negara untuk tidak membuka sekolah dulu dan fasilitas pendidikan baru bisa dibuka kalau virus telah berhasil ditekan. Dia juga mengingatkan agar soal pembukaan sekolah tidak dipolitisir.

Tedros mengatakan WHO masih belum menerima pemberitahuan resmi tentang penarikan diri AS dari keanggotaannya seperti yang diumumkan oleh Trump. Presiden AS mengatakan WHO telah berubah menjadi boneka China, tempat penyakit COVID-19 pertama kali terdeteksi pada awal krisis.

Trump, yang pada akhir pekan mengenakan masker wajah pelindung di depan umum untuk pertama kalinya, dituduh oleh lawan politiknya menanggap remeh virus tersebut. Akan tetapi tuduhan itu dibantahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper