Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pakai Face Shield Saja Ternyata Tidak Cukup Aman, Ini Alasannya

Masker dianggap relatif efektif mencegah penularan Covid-19 yang disebarkan melalui mikro droplet daripada pelindung wajah.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 12 Juli 2020  |  16:48 WIB
Ilustrasi virus corona di udara
Ilustrasi virus corona di udara

Bisnis.com, JAKARTA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sangat menyarankan agar masyarakat memakai masker kendati telah memakai pelindung wajah atau face shield.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa hal itu didasarkan pada pengumuman Badan Kesehatan Dunia (WHO) yakni di penularan virus bisa terjadi melalui mikro droplet di udara, apalagi di ruangan dengan sirkulasi udara yang tidak lancar.

"Oleh karena itu penggunaan masker mutlak harus dilakukan, harus dikerjakan, bukan face shield. Kita tahu mikrodroplet akan mengambang di udara," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Menurutnya, penggunaan face shield hanya akan melindungi diri dari droplet berukuran besar tetapi tidak dengan mikro droplet.

Lebih lanjut, Yuri juga mengimbau agar masyarakat memilih dan menggunakan masker yang nyaman agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Salah satu ciri-ciri masker yang nyaman adalah masker yang saat digunakan masih menyisakan ruang untuk bernapas dengan baik.

"Kita tidak menyadari bahwa menurunkan masker ke dagu itu sama dengan mencemarkan bagian dalam masker dengan penyakit yang mungkin menempel di dagu," kata Yuri.

Kemudian, dia juga mengimbau agar masyarakat memastikan sirkulasi udara di ruang kerja terjaga dengan baik, misalnya dengan menggunakan exhaust fan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

masker covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top