Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tutup 13 Pekan, Begini Situasi Salat Jumat di DPR

Pertama kali salat Juat digelar di masjid lingkungan di DPR setelah selama 13 pekna tempat ibadah ditutup untuk mencegah penularan Covid-19.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 05 Juni 2020  |  14:08 WIB
Pelaksanaan salat Jumat untuk pertama kali sejak 13 pekan terakhir dilangsungkan hari ini, Jumat (5/6/2020), di Masjid Baiturrahman, Kompeks DPR dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19. JIBI - Bisnis/John Andi Oktaveri
Pelaksanaan salat Jumat untuk pertama kali sejak 13 pekan terakhir dilangsungkan hari ini, Jumat (5/6/2020), di Masjid Baiturrahman, Kompeks DPR dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19. JIBI - Bisnis/John Andi Oktaveri

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaksanaan salat Jumat untuk pertama kali sejak 13 pekan terakhir dilangsungkan hari ini, Jumat (5/6/2020), di Masjid Baiturrahman, Kompeks DPR dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan ibadah itu dilangsungkan setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan fase transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai hari ini.

Pelaksanaan ibadah pun agak berbeda dari hari-hari biasa, karena ada sejumlah persyaratan demi keamaman dan kenyamanan jemaah.  

Dari pantauan di lapangan, jemaah salat Jumat telah hadir 15 menit sebelum prosesi ibadah dimulai. Sedangkan, durasi khotbah menjelang salat juga dibatasi selama 10 menit. 

Pembacaan doa usai salat juga tidak terlalu panjang dan lebih fokus pada permohonan agar penyebaran wabah Covid-19 cepat berakhir.

Jemaah juga terlihat tidak berlama-lama berada di kompleks masjid usai salat, karena fasilitas itu akan kembali ditutup.

Berbeda dari pelaksanaan salat Jumat biasa, kali ini para petugas keamanan dalam (pamdal) juga terlihat lebih banyak terlihat di beberapa bagian luar maupun di dalam masjid yang terletak di dekat Gedung Nusantara I tersebut. Mereka turut mengingatkan jarak antarjemaah yang akan melangsungkan ibadah sejauh satu meter.

Para jemaah salat Jumat kali ini juga dibatasi hanya untuk kalangan para anggota parlemen, pegawai, para tamu  maupun wartawan yang biasa meliput di Senayan.

Adapun pintu masuk di dekat pos polisi Pal Merah yang biasanya digunakan masyarakat umum di sekitar lingkungan Gedung DPR untuk ikut salat Jumat, untuk sementara ditutup. Alasannya kapasitas masjid dibatasi hanya 50 persen dari hari biasa.

Kalau jumlah jemaah pada salat Jumat biasa meluber sampai ke halaman masjid, kali ini hal itu tidak terlihat. Salah satu alasannya mungkin karena para anggota DPR saat ini masih reses dan baru masuk pada 15 Juni mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top