Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepolisian AS Menangkap 4.400 Demonstran Pendukung George Floyd

Bukan hanya penangkapan, demo yang berujung bentrokan ini menewaskan 3 orang di Iowa, AS, pada Minggu (31/5/2020)
Bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi saat demonstrasi antipolisi pasca insiden meninggalnya George Floyd di Minneapolis, AS/ Bloomberg
Bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi saat demonstrasi antipolisi pasca insiden meninggalnya George Floyd di Minneapolis, AS/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Suasana Minneapolis dan sejumlah kota di AS masih memanas setelah bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi pada hari keenam, Senin (1/6/2020).

Sejumlah warga Minneapolis dan beberapa kota di AS turun ke jalan untuk melakukan protes setelah tewasnya George Floyd.

Dalam video yang viral, Floyd tewas setelah polisi Minneapolis Derek Chauvin menekan dengkulnya ke leher Floyd selama lebih dari 8 menit. Flyod diduga mengunakan uang palsu ketika membeli rokok di toko kelontong. 

Dikutip dari USA Today, lebih dari 4.400 pengunjuk rasa ditangka di seluruh negeri sejak demo besar-besaran.

Kepala Polisi Minneapolis Medaria Arradondo telah memohon maaf kepada keluarga Floyd atas peristiwa tersebut pada Minggu (31/5/2020). Bahkan, kepolisian setempat telah memecat Chauvin dan tiga polisi lainnya yang terlibat.

Namun, protes damai terus beralih menjadi kerusuhan dan vandalisme. Alhasil, pihak kepolisian di AS harus mengunakan gas air mata dan polisi karet untuk membubarkan kerumunan.

Bahkan, dua anggota polisi di Atlanta ditembak setelah melakukan tindakan menekan dalam unjuk rasa untuk George Floyd.

Di Iowa, tiga orang dinyatakan tewas dalam bentrokan dengan otoritas setempat. Kepolisian Metro Louisville dan personil Keamanan Nasional diketahui menembak seorang pria pada Minggu (31/5/2020).

Kepala Kepolisian Steve Conrad menuturkan seseorang dalam grup mengungkapkan seseorang dalam grup berkumpul dan melepaskan tembakan pada pukul 9 malam waktu setempat. Para personil keamanan akhirnya membalas tembakan tersebut.

Gubernur Kentucky Andy Beshear meminta kepolisian melakukan investigasi independen atas kasus tersebut.

Sementara itu, dua orang tewas dalam rentetan serangan senjata api setelah kerusuhan pecah di Davenport, Iowa.

Kepala Paul Sikorski mengungkapkan kerusuhan ini pecah pada Minggu malam di dekat pusat perbelanjaan. Tidak lama berselang, kepolisian menerima laporan belasan insiden penembakan.

Presiden Donald Trump pada hari Minggu mengumumkan kelompok sayap kiri yang menurutnya memimpin kekerasan pada protes kebrutalan anti-polisi akan secara resmi dicap sebagai teroris.

"Amerika Serikat akan menunjuk ANTIFA sebagai Organisasi Teroris," kata Trump dalam Twitter resminya, Minggu malam (31/5/2020).

Antifa - kependekan dari anti-fasis - adalah nama untuk kelompok-kelompok anti-rasis yang terlibat dalam beberapa bentrokan kekerasan dalam beberapa tahun terakhir.

Dikutip dari USA Today, gerakan ini tidak memiliki struktur terpadu atau kepemimpinan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper