Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Update Corona 30 Mei: 10 Provinsi Nihil Kasus Baru Positif Covid-19

Jumlah kabupaten/kota yang terdampak Covid-19 pada hari ini tidak mengalami penambahan jika dibandingkan hari sebelumnya yaitu 414 kabupaten/kota.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 30 Mei 2020  |  18:21 WIB
Petugas medis melakukan tes cepat (Rapid Test) COVID-19 kepada pengemudi angkutan umum di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Petugas medis melakukan tes cepat (Rapid Test) COVID-19 kepada pengemudi angkutan umum di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mencatat sepuluh provinsi tidak ada penambahan kasus positif per Sabtu (30/5/2020). Namun, masih ada sejumlah provinsi dengan jumlah pasien baru yang cenderung meningkat.

“Lebih detail lagi ada sepuluh provinsi yang tidak ada kasus positif,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Sabtu (30/5/2020).

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, kesepuluh provinsi tersebut antara lain adalah Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.

Kemudian, Provinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Riau, Maluku, dan Sulawesi Barat.

Secara total, Aceh melaporkan 20 kasus positif. Sebanyak 17 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh dengan dua kali spesimen negatif, sedangkan 1 orang lainnya meninggal dunia.

Sementara itu, delapan provinsi lainnya masih memiliki lebih dari 50 persen pasien Covid-19 yang masih dalam masa penyembuhan. Sebanyak satu provinsi lainnya, yakni Riau, melaporkan lebih dari 70 persen pasien telah sembuh dengan dua kali pemeriksaan.

Pada sisi lain pemerintah mencatat lima provinsi dengan jumlah penambahan kasus cukup tinggi jika dibandingkan dengan wilayah lain. Provinsi tersebut adalah Jawa Timur (199 kasus), DKI Jakarta (101 kasus), Sulawesi Selatan (42 kasus), Jawa Barat (20 kasus), dan Papua (18 kasus) serta Kepulauan Riau (18 kasus).

Lebih lanjut, Yuri menyatakan bahwa seluruh provinsi telah terdampak pandemi virus Corona. Adapun, jumlah kabupaten/kota yang terdampak Covid-19 pada hari ini tidak mengalami penambahan jika dibandingkan hari sebelumnya yaitu 414 kabupaten/kota.

Adapun, secara nasional, pemerintah mencatat adanya penambahan kasus baru pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia sebanyak 557 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 25.773 kasus.

Selain itu, ada penambahan kasus meninggal sebanyak 53 orang. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 1.573 orang yang meninggal akibat virus SARS-CoV-2 di Indonesia.

Di sisi lain, ada sebanyak 523 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan begitu, total ada 7.015 pasien yang telah sembuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top