Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang New Normal, Pemerintah Imbau Masyarakat Konsumsi 4 Sehat 5 Sempurna

Daya tahan tubuh yang bagus bisa menjadi 'perisai' tubuh untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19) di masyarakat, khususnya saat beraktivitas di tengah new normal.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 30 Mei 2020  |  18:11 WIB
Pengunjung memilih buah-buahan di Pasar Kreneng, Denpasar, Bali, Kamis (13/4). - Antara/Nyoman Budhiana
Pengunjung memilih buah-buahan di Pasar Kreneng, Denpasar, Bali, Kamis (13/4). - Antara/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengimbau kepada masyarakat agar mengubah perilaku konsumsi dengan memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna, guna menekan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Kebutuhan gizi yang cukup bisa menjaga daya tahan tubuh masyarakat. Bila daya tahan tubuh kuat, maka ini akan menyulitkan virus Corona menulari dari satu orang ke orang yang lain.

“Kita tahu ada istilah 4 sehat 5 sempurna saat mau meningkatkan gizi. Kami pinjam istilah ini, 4 sehat 5 sempurna, yaitu mencuci tangan, olahraga yang cukup, istirahat cukup, tidak panik, dan makan bergizi,” kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Sabtu (30/5/2020).

Wiku menjelaskan bahwa seluruh masyarakat Indonesia harus menyadari pandemi Covid-19 menyebabkan keadaan darurat. Virus Corona dapat berpindah melalui droplet atau percikan cairan dari mulut.

Perilaku tersebut harus dilakukan secara disiplin dan kolektif. Apabila ini dilakukan dari tingkat RT hingga nasional, rantai penyebaran virus akan terputus.

Adapun per hari ini, Sabtu (30/5/2020), jumlah kasus positif Covid-19 bertambah 557 orang menjadi 25.773 orang. Selain itu, ada penambahan kasus meninggal sebanyak 53 orang. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 1.573 orang yang meninggal akibat virus SARS-CoV-2 di Indonesia.

Pada sisi lain, sebanyak 523 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan begitu, total ada 7.015 pasien yang telah sembuh. “Kasus pasien positif Covid-19 yang sembuh tertinggi ada di DKI Jakarta,” ujarnya.

Tingginya kasus baru positif Covid-19 menunjukkan bahwa masih ada orang yang terpapar Covid-19 di sekitar masyarakat. Oleh karena itu, Yuri meminta masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah yaitu cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menggunakan masker, menjaga jarak sosial, dan menghindari kerumunan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan pemerintah susu New Normal
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top