Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penyaluran Bansos Sembako Tahap Ketiga Diterima Warga

Para RT dan RW yang menjadi garda terdepan dalam membagikan sembako kepada masyarakat pun terbilang cukup aktif menyisir satu per satu penerima bantuan agar tidak ada yang merasa dirugikan
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  23:00 WIB
Bantuan Sembako Presiden. Komunikasi yang dibangun dengan warga di tiap/tiap RT setempat menjadi kunci penting berjalannya distribusi bansos tanpa hambatan sehingga warga terinfo dengan baik dan tidak merasa dirugikan. BISNIS/Nicolous Irawan
Bantuan Sembako Presiden. Komunikasi yang dibangun dengan warga di tiap/tiap RT setempat menjadi kunci penting berjalannya distribusi bansos tanpa hambatan sehingga warga terinfo dengan baik dan tidak merasa dirugikan. BISNIS/Nicolous Irawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejak pandemi Covid-19 melanda, kehidupan perekonomian Yulianingsih terbilang sangat terganggu. Apalagi suaminya hanya seorang buruh dan kuli bangunan yang bekerja jika ada proyek. Ketika aktivitas dan proses pembangunan dihentikan, suaminya tentu tak lagi memiliki pekerjaan.

Beruntung ibu rumah tangga berusia 37 tahun ini mendapatkan bantuan sosial (bansos) berupa sembako dari pemerintah yang terbilang cukup membantu perekonomian keluarga. “Saya merasa terbantu sekali dengan pemberian dari pemerintah ini,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkap Siti Khodijah, istri dari seorang buruh antar perabot rumah tangga ini mengaku keberlangsungan hidup keluarganya terdampak akibat pandemi Covid-19. Apalagi wanita berusia 33 tahun tersebut juga memiliki anak kecil yang masih membutuhkan susu sehingga kadang menjadi tidak terbeli.

“Ya, alhamdulillah, bersyukur banget ya, maksudnya bukan karena musibah kaya gini, tapi karena ada bantuan dari pemerintah jadi merasa terbantu gitu,” ujarnya.

Bantuan yang diterima oleh Yulianingsih dan Siti Khodijah merupakan bagian dari 914 paket sambako tahap ketiga yang diterima oleh RW 011 Kelurahan Jakasampurna, Bekasi Barat.

Pemerintah, melalui Kementerian Sosial, menyalurkan bantuan sembako dari Presiden kepada 1,9 juta keluarga di Jabodetabek sebanyak enam kali per Kepala Keluarga (KK). Untuk wilayah Bodetabek, saat ini telah memasuki tahap ketiga.

Para RT dan RW yang menjadi garda terdepan dalam membagikan sembako kepada masyarakat pun terbilang cukup aktif menyisir satu per satu penerima bantuan agar tidak ada yang merasa dirugikan. Seperti yang diungkapkan oleh Nurhadi, Ketua RW 011 Kelurahan Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi.

“Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dalam proses penyaluran sembako karena kami juga sebagai RW dan RT, sama-sama kita turun (ke lapangan) untuk menyisir warga satu per satu. Untuk warga yang paling berhak, kita lebih dahulukan,” ujarnya.

Selain itu, komunikasi yang dibangun dengan warga di tiap-tiap RT setempat menjadi kunci penting berjalannya distribusi bansos tanpa hambatan sehingga warga terinfo dengan baik dan tidak merasa dirugikan.

“Kadang-kadang ada juga yang kita lihat rumahnya, kehidupannya agak lumayan, tapi dia dapet juga, namanya ada disitu, lalu kita tanya dan berikan pengertian agar bantuan yang seharusnya ia terima bisa dialihkan kepada warga lain yang jauh lebih membutuhkan,” kisahnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sembako pandemi corona
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top