Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Agensi Grup Kpop BTS Rampungkan Berkas Prasyarat IPO

Kendati industri hiburan Korsel diproyeksi anjlok akibat pandemi Covid-19, Big Hit Entertainment tetap menjalankan rencananya untuk segera melantai di bursa.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  21:16 WIB
Boy band Korea BTS - Instagram
Boy band Korea BTS - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Big Hit Entertainment, agensi yang menaungi grup musik Kpop BTS resmi melengkapi berkas-berkas untuk melantai di bursa saham Korea Selatan, Kamis (28/5/2020). 

Belum ada detail resmi kapan agensi itu bakal memulai Initial Public Offering (IPO). Detail harga penawaran awal juga tak disebutkan Bursa Korea ketika mengumumkan kabar tersebut.

Namun, menurut proyeksi Bloomberg dan Korea Economic Daily, keputusan IPO bisa menyuntikkan dana tambahan senilai 2 triliun won (setara US$1,6 miliar) dalam komposisi modal Big Hit Entertainment.

Kabar IPO Big Hit sebenarnya bukan isu baru. Berita ini sudah terdengar ke permukaan pada awal 2020, saat agensi tersebut menunjuk JP Morgan Chase and Co., perusahaan asal AS untuk melengkapi prasyarat IPO mereka.

Berdasarkan berkas yang dipublikasikan bursa korea. saat ini saham mayoritas Big Hit Entertainment (41 persen) masih dimiliki pendiri sekaligus CEO Bang Si Hyuk. Di bawah kepemimpinan Hyuk, pada 2019 lalu perusahaan ini mencatatkan laba bersih 72,4 miliar won dari total pemasukan sebesar 587 miliar won.

Ambisi IPO Big Hit Entertainment semakin membuat mereka bersaing ketat dengan SM Entertainment, agensi terbesar di Korea Selatan saat ini.

SM Entertainment memproyeksi penurunan pendapatan sebesar 31 persen pada 2020 akibat pembatalan konser di tengah pandemi Covid-19. Penurunan kemungkinan juga bakal dialami Big Hit Entertainment, meski belum ada laporan resmi mengenai angka proyeksi dari pihak perusahaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bursa Asia bursa korea Kpop

Sumber : Bloomberg

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top