Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Prancis Catat Rekor Pengangguran Tertinggi Sepanjang Sejarah

Prancis mencatatkan rekor buruk berupa pengangguran tertinggi sepanjang sejarah sebagai dampak dari pandemi Covid-19.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  19:56 WIB
Ilustrasi karyawan saat jam sibuk di Paris, Prancis. - Bloomberg
Ilustrasi karyawan saat jam sibuk di Paris, Prancis. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Prancis mencatatkan rekor buruk berupa pengangguran tertinggi sepanjang sejarah sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Jumlah pengangguran penuh di negara itu, menurut Departemen Ketenagakerjaan pada Kamis (28/5/2020), menyentuh 4.575.500 orang per 1 April 2020.

Secara matematis, angka tersebut juga meningkat 843.000 orang (22,6 persen) dibandingkan dengan jumlah pengangguran yang dilaporkan pemerintah pada pengujung Maret 2020.

Menteri Ketenagakerjaan Prancis Muriel Penicaud menyebut lonjakan signifikan ini dipicu peningkatan PHK sebanyak 35 persen pada bulan yang sama. Yang kemudian jadi masalah, dari gelombang PHK tersebut banyak warga yang gagal mendapat pekerjaan baru.

Bila tak segera ada tindak lanjut, lonjakan pengangguran ini bisa memperburuk perekonomian Prancis. Baru pada awal pekan lalu pemerintah memproyeksikan perekonomian negara itu menyusut 20 persen pada kuartal IV/2020.

Secara keseluruhan, pada akhir 2020 perekonomian Prancis secara tahunan diprediksi terkontraksi 8 persen.

Untuk meminimalisasi potensi tersebut, Perdana Menteri Edouard Philippe mengumumkan rencananya melakukan tahap kedua peringanan lockdown Kamis ini.

Hingga hari ini jumlah kasus positif Covid-19 di Prancis dilaporkan sudah menyentuh 182.913. Dari angka tersebut, pasien yang telah sembuh ada 66.584 dan jumlah korban meninggal berada di angka 28.596.

Efek dahysat pandemi Covid-19 juga bikin Perancis menjadi negara urutan ketiga yang akan menerima stimulus besar dari Uni Eropa, di bawah Italia dan Spanyol.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

prancis pengangguran

Sumber : Bloomberg

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top