Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Holding PTPN Sulap 18 RS untuk Penanganan Covid-19, Donasi Rp29 Miliar

Holding Perkebunan Nusantara mendonasikan dana dari THR dan program CSR senilai Rp29 miliar untuk membantu memerangi Covid-19. Donasi berupa peralatan medis dan nonmedis bagi rumah sakit dan tenaga medis serta pembagian langsung paket sembako kepada masyarakat terdampak.
PTPN III Holding (Persero) kembali membagikan sejumlah paket sembako kepada masyarakat terdampak wabah virus corona (Covid-19) selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta. /PTPN
PTPN III Holding (Persero) kembali membagikan sejumlah paket sembako kepada masyarakat terdampak wabah virus corona (Covid-19) selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta. /PTPN

Bisnis.com, JAKARTA--Holding Perkebunan Nusantara mendonasikan dana dari THR dan program CSR senilai Rp29 miliar untuk membantu memerangi Covid-19. Donasi berupa peralatan medis dan nonmedis bagi rumah sakit dan tenaga medis serta pembagian langsung paket sembako kepada masyarakat terdampak.

Mohammad Abdul Ghani, Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara mengatakan Holding Perkebunan Nusantara dan anak perusahaan PTPN I, II, IV hingga XIV mengerahkan berbagai upaya untuk membantu pemerintah mengatasi Covid-19.

“Kami mengerahkan berbagai upaya membantu pemerintah mengatasi pandemi dengan memperkuat peralatan medis dan menambah fasilitas ruang isolasi rumah sakit milik PTPN Grup untuk merawat pasien Covid-19. Kami juga menyalurkan paket sembako di berbagai wilayah Nusantara,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (28/5/2020).

Ghani menjelaskan untuk membantu pemerintah memerangi Covid-19, perusahaan mengalokasikan dana sebesar Rp18,1 miliar yang diprioritaskan untuk mengalihfungsikan 18 rumah sakit dari total 26 rumah sakit yang dimiliki oleh PTPN Grup.

Sebanyak 18 Rumah sakit PTPN Grup telah menyediakan fasilitas 835 tempat tidur dan 125 unit fasilitas Intensive Care Unit (ICU) untuk melayani perawatan pasien Covid-19 di berbagai daerah Indonesia.

Dengan keberadaan fasilitas isolasi tambahan ini, kata Ghani, PTPN Grup berharap dapat berkontribusi membantu pemerintah untuk mengimbangi ketersediaan kapasitas rumah sakit rujukan dalam melayani pasien Covid-19 yang jumlahnya semakin meningkat.

Dia menambahkan perseroan juga memperkuat fasilitas alat medis serta alat pelindung diri (APD) yang memadai bagi tenaga medis rumah sakit serta stok tambahan obat-obatan untuk perawatan pasien Covid-19 sesuai dengan standar kesehatan. Beberapa rumah sakit PTPN Grup juga dapat melayani rapid test Covid-19. 

Adapun 18 rumah sakit milik PTPN Grup yang disiapkan fasilitasnya untuk perawatan pasien Covid-19 yakni RS Bangkatan (Binjai), RS Tj. Selamat (Langkat), RS Balimbingan (Simalungun), RS Pabatu (Serdang Bedagai), RS Laras (Simalungun), RS GI. Tobing (Deli Serdang), RS Sri Pamela (Tebing Tinggi).

Selain itu, RS Subang (Subang-Jabar), RS HVA Toloeng Redjo (Kediri), RS Medika Utama (Kanigoro-Blitar), RS Lavalette  (Malang), RS Gathoel (Mojokerto), RS Wonolangan (Probolinggo), RS Kaliwates (Jember), RS Djatiroto (Lumajang), RS Jember Klinik (Jember), RS Bhakti Husada (Banyuwangi) dan RS Elizabeth (Situbondo).

Ghani menuturkan perseroan juga mengalokasikan dana corporate social responsibility (CSR) untuk menambah peralatan medis dan nonmedis berupa APD, hand sanitizer, masker, forehead thermometer, mobil ambulans kepada rumah sakit yang khusus menangani pasien Covid-19.

Selain itu, melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan serta pembuatan wastafel dan torrent untuk cuci tangan di tempat fasilitas umum maupun sosial di berbagai wilayah yang dilaksanakan oleh masing-masing anak perusahaan PTPN.

“Dana CSR juga digunakan untuk paket sembako yang telah kami bagikan kepada masyarakat terdampak pandemi ini yang tersebar di berbagai wilayah Nusantara terutama masyarakat di sekitar wilayah operasi PTPN Grup dan kantor holding Jakarta,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper