Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

TNI-Polri Diminta Persuasif Hadapi Masyarakat Bandel dalam Pelaksanan New Normal

Pengerahan TNI-Polri dalam penerapan tatanan hidup baru atau new normal yang diwacanakan pemerintah harus menganut unsur kehati-hatian, terutama saat berhadapan dengan masyarakat.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  16:35 WIB
Loading the player ...
Presiden Joko Widodo perintahkan TNI dan Polri jaga 1.800 titik keramaian selama New Normal. Video: Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - PengerahanTNI-Polri dalam penerapan tatanan hidup baru atau new normal yang diwacanakan pemerintah harus menganut unsur kehati-hatian, terutama saat berhadapan dengan masyarakat.

Anggota Komisi I DPR Fraksi PPP Muhammad Iqbal mengatakan pelibatan TNI/Polri sudah tepat untuk mendisiplinkan masyarakat dalam tahap new normal nanti. Namun dia berharap agar TNI-Polri mengedapankan tindakan persuasif. 

"Tindakan disiplin yang nantinya dilakukan oleh TNI/Polri harus di lakukan secara persuasif," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (27/5/2020).

Terutama katanya bagi masyarakat yang bandel dan mengabaikan imbauan pemerintah. Apalagi belakangan ramai di media masyarakat yang berani melawan para petugas di lapangan untuk menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Virus Corona. 

"Saya kira itulah tantangan yang nantinya akan dihadapi oleh anggota TNI dan Polri di lapangan, tetapi saya yakin jika masyarakat yang membandel ini diberikan pemahaman tentang bahayanya penularan Virus Corona, saya yakin masyarakat akan patuh," tuturnya.

Menurut Iqbal, selama ini masih banyak masyarakat yang bandel karena mereka kurang informasi tentang Covid-19, seperti bagaimana cara penularannya dan bahayanya jika mereka menularkan ke orang-orang terdekatnya yang rentan kesehatannya.

Diketahui, ‎340 ribu personel akan diterjunkan untuk menghadapi era new normal yang mulai diterapkan di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota. Mereka ditugasi untuk mendorong masyarakat disiplin terapkan protokol kesehatan di 1800 obyek umum seperti pusat keramaian, pasar, mall hingga tempat wisata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tni Virus Corona covid-19 New Normal
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top