Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja Selama Masa New Normal

Keadaan yang belum pernah ada sebelumnya ini, menjadi suatu kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19, seperti memakai masker ketika keluar rumah, selalu mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik ketika berada di tempat ramai, termasuk di tempat kerja.
Poster tips bekerja aman dari penularan virus corona/Instagram @kemenkes_ri
Poster tips bekerja aman dari penularan virus corona/Instagram @kemenkes_ri

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 telah memaksa setiap orang untuk beradaptasi dengan kondisi dan tatanan kehidupan baru.

Keadaan yang belum pernah ada sebelumnya ini, menjadi suatu kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi Covid-19, seperti memakai masker ketika keluar rumah, selalu mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik ketika berada di tempat ramai.

Untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona di tempat kerja, berikut tips yang disampaikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pertama, hindari pertemuan sosial dan jaga jarak fisik minimal 1 meter. Kemudian, pastikan tempat kerja memiliki ventilasi yang baik.

Selanjutnya, jangan lupa mencuci tangan sesering mungkin dengan memakai sabun dan air yang mengalir selama minimal 20 detik.

Bila perlu, gunakan hand sanitizer berbasis alkohol dan tetap menjaga kebersihan area kerja dan lakukan disinfeksi berkala.

Bila sakit, bekerjalah dari rumah, dan selalu gunakan masker. Penggunaan masker ini, juga diharuskan bagi setiap karyawan meskipun tidak dalam kondisi sakit.

Perlu juga diperhatikan ketika meludah, batuk atau bersin, jangan lupa menggunakan tisu dengan menutup seluruh hidung dan mulut. Kemudian, bungkus tisu bekas pakai ke dalam kantung plastik sebelum dibuang ke tempat sampah tertutup.

Dalam kaitannya dengan pandemi Covid-19, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan new normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas secara normal, tetapi dengan ditambah dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

“Prinsip yang utama adalah harus bisa menyesuaikan pola hidup. Secara sosial, kita pasti akan mengalami sesuatu bentuk, new normal, atau kita harus beradaptasi dengan beraktivitas, dan bekerja, dan tentunya harus mengurangi kontak fisik dengan orang lain, dan menghindari kerumunan, dan bekerja, dan sekolah dari rumah,” jelas Wiku dikutip dari laman resmi bnpb.go.id, Selasa (26/5/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper