Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Covid-19 Tak Akan Hilang, Doni Monardo: Kita Harus Mulai Memahaminya

Bila ingin sukses menghadapi masa pandemi dan hidup berdampingan bersama virus corona, maka harus belajar untuk memahami bagaimana Covid-19.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  19:27 WIB
Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo siap berperang melawan virus Corona (Covid-19) dan memutus mata rantai penyebaran pandemi global di Indonesia. - istimewa\n\n
Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo siap berperang melawan virus Corona (Covid-19) dan memutus mata rantai penyebaran pandemi global di Indonesia. - istimewa\\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan bahwa masyarakat mau tidak mau harus hidup berdampingan dengan virus corona (Covid-19).

Pernyataan itu dilontarkan menyusul pernyataan World Health Organization yang menyebut bahwa Covid-19 tidak akan pernah hilang. Untuk itu, semua pihak harus memikirkan strategi untuk hidup di tengah Covid-19.

"Kalau sudah demikian, tentu kita harus memiliki strategi menghadapi kondisi ini. Kita akan hidup bersama-sama dengan virus," kata Doni dalam sebuah konferensi pers, Rabu (20/5/2020).

Dia mengibaratkan hidup berdampingan dengan Covid-19 layaknya berselancar di tepi pantai. Doni mengibaratkan ada dua peselencar yang diberikan penjelasan soal cara berselancar.

Ketika keduanya dilepas, salah satunya berlatih keras dan bersungguh-sungguh. Dia mencoba menyesuaikan diri dengan gelombang yang sangat besar. Dia pun akhirnya bisa berselancar dengan selamat hingga kembali ke tepi pantai.

"Satu lagi tidak memperhatikan teknik dan cara menghadapi gelombang akhirnya tergulung oleh gelombang," kata dia.

Untuk itu, kata Doni, jika ingin sukses menghadapi masa pandemi dan hidup berdampingan bersama virus corona, maka harus belajar untuk memahami bagaimana virus ini.

"Apabila kita ingin tetap sukses menghadapi masa pandemi ini maka kita sebagai bangsa harus belajar dengan lebih giat untuk memahami bagaimana virus ini," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa virus ini bisa dikurangi risiko bahayanya. Hal itu bisa direalisasikan dengan tingkat disiplin yang tinggi dan kesadaran kolektif yang tinggi.

"Kalau ada kerumunnan salah satu di antaranya harus berani tampil sebagai patriot mengingatkan yang lainnya untuk segera jaga jarak, jangan berdekatan. dan itu harus dilakukan di berbagai  daerah di berbagai tempat, apakah di bandara, di mana saja. Di antara masyarakat kita diharapkan ada yang berani mengingatkan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top