Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selandia Baru Salurkan Bantuan Rp46 Miliar Melalui Unicef Indonesia

Sebagai mitra bilateral yang dekat, Selandia Baru siap mendukung Indonesia dalam menghadapi krisis ini.
Selandia Baru memberikan dana bantuan kepada Indonesia./istimewa
Selandia Baru memberikan dana bantuan kepada Indonesia./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Selandia Baru memberikan bantuan senilai 5 juta dolar New Zealand atau senilai Rp46 miliar guna mendukung Indonesia dalam upaya kesiapsiagaan (preparedness), respon dan pemulihan dari pandemi Covid-19.

Dukungan ini disalurkan melalui Unicef Indonesia yang merupakan mitra Program Bantuan Selandia Baru di Indonesia.

Melalui dukungan ini diharapkan Unicef dapat meningkatkan program-programnya terkait komunikasi resiko dan keterlibatan masyarakat; memperkuat pengadaan dan distribusi Alat Pelindung Diri (APD), perlengkapan kebersihan dan pencegahan infeksi; dan memastikan pemeliharaan pelayanan kesehatan yang esensial.

Pandemi Covid-19 telah menciptakan krisis kesehatan publik dan kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Jonathan Austin mengatakan sebagai mitra bilateral yang dekat, Selandia Baru siap mendukung Indonesia dalam menghadapi krisis ini

"Dukungan ini secara langsung menanggapi permintaan Pemerintah Indonesia untuk mendukung respon Covid-19 bagi mereka yang paling membutuhkan,” ujarnya, seperti dikutip melalui siaran pers, Rabu (13/5).

Menurut Duta Besar Austin, UNICEF dipilih sebagai mitra karena mereka merupakan organisasi utama dalam pilar Komunikasi Resiko dan Keterlibatan Masyarakat di Rencana Penanganan Covid-19 Multi-Sektor Pemerintah Indonesia.

UNICEF bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19, dan juga berbagai kementerian utama untuk mendukung upaya menyeluruh dalam merespon dan pemulihan.

Perwakilan UNICEF untuk Indonesia, Debora Comini mengatakan organisasinya memiliki kehadiran di lapangan yang kuat dengan lebih dari 160 staf di Jakarta dan tujuh wilayah, yang memastikan bahwa keterlibatan kami juga mencapai populasi paling terpencil.

Melalui kontribusi dari Selandia Baru ini, Unicef  akan mampu memberikan dukungan yang luas bagi Pemerintah Indonesia dalam strategi komunikasi risiko dan penyebaran konten melalui platform digital, serta menangani langkah-langkah pencegahan untuk mengatasi disrupsi pada berbagai layanan penting seperti imunisasi.

Selain itu, kontribusi UNICEF juga akan meningkatkan ketersediaan tempat cuci tangan dan perlengkapan kebersihan, Covid-19 WASH (water, sanitation and hygiene).

"Termasuk produk desinfeksi rumah di daerah rentan dan mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Pemerintah (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) untuk mempromosikan cuci tangan dan perilaku-perilaku kunci terkait perilaku hidup bersih lainnya,” kata Comini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper