Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Resmi Melantik Dian Edina Rae Menjadi Kepala PPATK

Sebelum dipercaya sebagai kepala PPATK, Dian menjabat sebagai Wakil Kepala PPATK.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 06 Mei 2020  |  10:29 WIB
Dian Edina Rae mengucap sumpah saat dilantik menjadi Kepala PPATK oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/4 - 2020). / Biro Pers Media Istana.
Dian Edina Rae mengucap sumpah saat dilantik menjadi Kepala PPATK oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/4 - 2020). / Biro Pers Media Istana.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Dian Ediana Rae sebagai Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Dian menggantikan Kiagus Ahmad Badaruddin yang tutup usia pada 14 Maret 2020.

“Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewenangan selaku Kepala PPATK dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Saya bersumpah bahwa saya akan setia terhadap negara konstitusi, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Dian menutup sumpahnya di depan Presiden, Rabu (6/5/2020).

Upacara pelantikan ini berlangsung dengan menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Seluruh tamu undangan mengenakan masker dan menjaga jarak sekitar dua meter. Setiap tamu diwajibkan datang lebih awal untuk melaksanakan rapid test terlebih dahulu di ruang tunggu.

Adapun, sebelum dipercaya sebagai kepala PPATK, Dian menjabat sebagai Wakil Kepala PPATK. Berdasarkan situs resmi PPATK, Dian memiliki latar belakang pendidikan doktor bidang hukum ekonomi keuangan dari Universitas Indonesia, master bidang hukum bisnis University of Chicago Law School, Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, law course Georgetown University di Amerika Serikat, dan summer school for international finance law di Oxford University di Inggris.

Sebelum menjabat sebagai wakil kepala PPATK, Dian adalah pejabat karier di Bank Indonesia. Dia tercatat pernah dipercaya sebagai kepala departemen regional I Bank Indonesia, kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI, meliputi wilayah Jawa Barat dan Banten.

Selain itu, Dian juga pernah menjadi sebagai kepala kantor perwakilan Bank Indonesia di London, Inggris.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi ppatk
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top