Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi: Sinergi Pusat dan Daerah Kunci Atasi Dampak Pandemi

Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Dia yakin hal ini menjadi kunci untuk menekan dampak pandemi virus Corona penyebab Covid-19.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 30 April 2020  |  13:34 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers terkait Covid-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). - ANTARA/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers terkait Covid-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). - ANTARA/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Dia yakin hal ini menjadi kunci untuk menekan dampak pandemi virus Corona penyebab Covid-19.

“Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, sampai dengan pemerintah desa, harus berjalan dalam satu visi, satu arah, satu kebijakan yang solid. Kalau ada masalah di lapangan segera kita perbaiki dan sempurnakan bersama-sama,” kata Presiden saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020 secara virtual, Kamis (30/4/2020).

Jokowi juga menitipkan bahwa pemerintah daerah harus menyiapkan program perluasan stimulus ekonomi. Kepala daerah harus menghitung ulang sektor yang perlu mendapatkan stimulus dalam program mitigasi dampak pandemi Covid-19.

“Saya hanya titip dalam menyiapkan program stimulus ekonomi di daerah, jalankan dengan skema yang jelas, yang transparan, dan terukur. Sektor apa mendapatkan stimulus apa dan bisa menyelamatkan tenaga kerja berapa, semua dihitung. Jangan sampai hanya mau dapat stimulus ekonomi tetapi tetap melakukan PHK pekerja,” kata Presiden.

Presiden optimistis tahun 2021 akan menjadi tahun pemulihan bagi Indonesia setelah dilanda pandemi virus Corona Oleh karena itu, program pemulihan akan menjadi fokus rencana kerja pemerintah (RKP) pada 2021.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan saat ini pemerintah telah menyiapkan langkah mitigasi terhadap dampak dari Covid-19 baik dampak di bidang kesehatan maupun dampak ekonomi.

Selain itu, Jokowi memerintahkan seluruh unsur kementerian/lembaga untuk menyiapkan langkah pemulihan jika Covid-19 telah berhasil dikendalikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top