Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketua MPR: PSBB Belum Maksimal, Semua Harus Tegas

Ketegasan semua kalangan diperlukan agar penerapan pembatasan sosial berskala besar bisa berlangsung optimal.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 April 2020  |  19:59 WIB
Petugas memeriksa dokumen kependudukan warga yang akan masuk ke Surabaya di Bundaran Waru, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/4/2020). Petugas gabungan memperketat akses masuk ke Surabaya dengan melakukan screening atau pemeriksaan kepada warga di hari pertama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya. - Antara/Didik Suhartono\n
Petugas memeriksa dokumen kependudukan warga yang akan masuk ke Surabaya di Bundaran Waru, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/4/2020). Petugas gabungan memperketat akses masuk ke Surabaya dengan melakukan screening atau pemeriksaan kepada warga di hari pertama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya. - Antara/Didik Suhartono\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Ketegasan semua kalangan diperlukan agar penerapan pembatasan sosial berskala besar bisa berlangsung optimal.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 belum maksimal.

"Angka pasien positif Covid-19 di Jabodetabek masih tetap tinggi," ujar Bamsoet melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (28/4/2020).

Bamsoet mengatakan pemerintah pusat harus mendukung kebijakan pemerintah daerah yang melaksanakan PSBB dalam mengimplementasikan peraturan. Dengan begitu tidak terjadi salah pengertian dan tumpang tindih kebijakan yang merupakan salah satu faktor penghambat keefektifan PSBB.

Bamsoet juga mendorong ketegasan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Polri, dan TNI untuk melaksanakan aturan yang ditetapkan dalam penerapan PSBB tahap kedua.

"Ketegasan harus ada, agar masyarakat dapat melaksanakan PSBB secara konsekuen, disiplin, dan bertanggung jawab," kata Bamsoet.

Bamsoet juga mendorong pemerintah meningkatkan sinergi dengan TNI dan Polri untuk memberlakukan tindakan represif dan pemberian sanksi bagi para pelanggar PSBB, sebagai upaya mencegah situasi semakin memburuk.

Ia juga mendorong seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang ada di daerah yang menerapkan PSBB, agar membantu dan mematuhi PSBB. Hal itu diperlukan untuk mempercepat penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Bambang Soesatyo

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top