Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Penyebaran Covid-19, Perum Bulog Gelontorkan CSR

Perum Bulog terus berkontribusi membantu penanganan dan pencegahan penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia, berupa bantuan CSR berupa masker, sarung tangan, dan APD (alat pelindung diri) untuk tenaga medis.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 23 April 2020  |  19:50 WIB
Penyerahan bantuan CSR Perum Bulog berupa masker, APD, sarung tangan untuk tenaga medis. - Istimewa
Penyerahan bantuan CSR Perum Bulog berupa masker, APD, sarung tangan untuk tenaga medis. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Bulog terus berkontribusi membantu penanganan dan pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia, berupa bantuan CSR berupa masker, sarung tangan, dan APD (alat pelindung diri) untuk tenaga medis.

“Ada lebih dari 6.000 masker dan lebih dari 160 APD yang didonasikan untuk beberapa rumah sakit baik di DKI Jakarta maupun di luar Jakarta yang ditunjuk oleh pemerintah, untuk menjadi rumah sakit rujukan Covid-19,” ujar Awaludin Iqbal, Sekretaris Perusahaan Perum Bulog, dalam keterangan resminya, Kamis (23/4/2020).

Menurutnya, bantuan tersebut terus diserahkan secara berkala, sejak 22 Maret hingga hari ini 23 April 2020 telah tersalurkan sebanyak setengah miliar rupiah dan akan terus diupayakan bertambah untuk mendukung usaha pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19.

Dia mengungkapkan,  Perum Bulog telah menyalurkan baju APD dan masker medis kepada RSUD Pasar Minggu Jakarta, RS Moewardi Solo, RS Boyolali, RS Karang Anyar, RSUD Banyumas, Puskesmas Bojongsari Depok, RS Sulianti Saroso, dan RSUD Belitung.

“Bulog juga memberikan bantuan pangan pokok kepada petugas pemakaman dan masyarakat terdampak Covid-19. Selanjutnya bantuan berupa masker kain juga diberikan kepada seluruh pegawai Perum Bulog di seluruh Indonesia agar tetap aman selama menjalankan tugas,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, sesuai anjuran pemerintah, setiap masyarakat, karyawan Bulog dan petugas medis yang tetap bertugas selama pandemi ini masih berlangsung dianjurkan untuk menggunakan masker sebagai alat pelindung diri.

“Karena itu, kami terus berusaha untuk berkontribusi dengan menyalurkan masker bagi masyarakat,” jelas Awaludin Iqbal.

Pihak rumah sakit dan tenaga medis turut mengungkapkan apresiasinya atas kontribusi Perum Bulog yang mana di masa seperti ini, solidaritas dan kepedulian atas sesama menjadi kekuatan utama dalam melawan pandemi Covid-19.

Pemberian bantuan berupa APD dan pangan pokok yaitu gula, minyak dan beras serta pembuatan tempat cuci tangan di berbagai wilayah itu telah dilakukan sejak 22 Maret dan akan terus dilanjutkan oleh Perum Bulog hingga kondisi kembali pulih.

Dalam perkembangan lain, Perum Bulog Kantor Wilayah Jawa Tengah tergerak memberikan dukungan kepada paramedis dalam penanganan pandemi wabah virus Covid-19. Dukungan tersebut diwujudkan dengan memberikan bantuan sejumlah APD kepada tiga rumah sakit rujukan pasien Covid-19 yang ada di Kota Semarang. Ketiga rumah sakit itu yakni RS Columbia Asia, RS Elizabeth, dan RS Nasional Diponegoro Pemimpin Wilayah Perum Bulog Jateng Basirun menjelaskan, pemberian bantuan bagi paramedis ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Bulog Peduli, sekaligus BUMN untuk Indonesia.

Langkah ini juga sebagai aplikasi dari semangat kegotongroyongan yang terus diserukan pemerintah di masa pandemi Covid-19. "Kami tergabung dalam Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19. Seluruh BUMN berpartisipasi dan berbagi wilayah, untuk Perum Bulog Kanwil Jawa Tengah mendapatkan partisipasi tiga RS tersebut," ujar Basirun. Dia menjelaskan, bantuan APD bagi paramedis yang diberikan berupa Hazmat Suit, Masker, Hand Sanitizer, Desinfektan, Sarung Tangan Steril, dan Multivitamin.

"Semoga bantuan ini bisa sedikit membantu memenuhi kebutuhan paramedis yang tengah berjuang menghadapi para pasien Covid-19, dan berharap para tenaga medis ini tetap semangat dan terjaga pula kesehatannya," ungkapnya. Menurutnya, di tengah pandemi COVID-19, sudah saatnya semua elemen masyarakat bergerak bersama, bergotong-royong dan bahu membahu untuk bisa melewati bencana kesehatan ini, dengan tetap memperhatikan protokol yang berlaku. Sesuai kapasitasnya, Bulog pun telah menerapkan social distancing dalam bisnisnya, melalui iPangananDotcom. "Di tengah situasi saat ini, iPangananDotcom menjadi solusi belanja kebutuhan pokok secara online yang mengandalkan perkembangan teknologi, tanpa harus bertatap muka," ujar Basirun.

iPangananDotcom merupakan toko online kebutuhan pangan yang menghadirkan ragam komoditas pangan beras berkualitas, harga terjangkau dan mudah diakses masyarakat. Untuk model penjualannya bekerjasama dengan Shopee dan pengirimannya melalui JNE. "Sejak penerapan Social Distancing, transaksi melalui iPangananDotcom terus mengalami peningkatan. Banyak yang memanfaatkan belanja komoditas pangan melalui online, yang dinilai lebih aman," jelasnya.

Dia menambahkan, sejumlah komoditas pangan yang tersedia diantaranya aneka beras berkualitas, mulai dari medium hingga premium. Beras dijual dalam kemasan masing-masing 5 kg, dengan harga mulai Rp50 ribuan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top