Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dampak Covid-19, Luhut: Terjadi Reformasi Besar di Pemerintahan

Luhut menyatakan ada hikmah yang bisa diambil dari pandemi Covid-19. Dia menuturkan bahwa Covid-19 telah menciptakan reformasi besar di pemerintahan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 22 April 2020  |  20:27 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis - Abdullah Azzam
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan bahwa pandemi virus Corona atau Covid-19 telah menciptakan reformasi besar di pemerintahan. 

Luhut menyatakan ada hikmah yang bisa diambil dari pandemi Covid-19. Dia menuturkan bahwa Covid-19 mendorong pemerintah untuk melakukan langkah efisiensi, efektivitas, dan digitalisasi. 

“Covid-19 bawa reformasi besar di pemerintahan seperti efisiensi, efektivitas, dan digitalisasi. Korupsi juga sangat kecil terjadi karena semua informasi disampaikan secara terbuka,” kata Luhut dalam dialog dengan tema dampak pandemi Covid-19 terhadap ekonomi dan investasi yang disiarkan di TVRI, Rabu (22/4/2020).

Lebih lanjut, Luhut mengatakan Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar daftar harga barang-barang untuk penanganan Covid-19 disampaikan secara transparan ke publik. 

“Presiden [Joko Widodo] minta semua yang dibeli dari dalam negeri. Percayalah presiden itu orangnya lurus, jadi kita tidak main-main,” ujarnya. 

Luhut yang menjabat sebagai Ad Interim Menteri Perhubungan ini juga menyatakan bahwa pandemi Covid-19 juga tidak menghalangi seluruh kementerian/lembaga untuk melakukan koordinasi secara aktif. 

Dia menuturkan, hampir setiap hari atau minimum dua hari sekali seluruh jajaran menteri akan menggelar rapat kabinet melalui konferensi video. 

“Cara ini sangat efektif, karena hal-hal yang didiskusikan di rapat juga direkam dan ada notulennya,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Luhut Pandjaitan covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top