Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkumham Raih Penghargaan Kinerja Anggaran Terbaik 2019

Kemenkumham mendapatkan insentif Rp100 miliar rupiah dan langsung dikurangkan dengan ketetapan penghematan di Kemenkumham, yang semula Rp795 miliar menjadi Rp695 miliar.
Gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Hukum dan HAM menjadi kementerian negara dengan kinerja anggaran 2019 terbaik.

Penghargaan ini didapat setelah Kemenkumham menempati posisi teratas dalam kategori kementerian negara atau lembaga dengan pagu anggaran besar atau di atas Rp10 triliun.

Atas prestasi tersebut, Kemenkumham mendapatkan insentif Rp100 miliar rupiah dan langsung dikurangkan dengan ketetapan penghematan di Kemenkumham, yang semula Rp795 miliar menjadi Rp695 miliar.

Pada kategori pagu anggaran besar, Kementerian Keuangan berada pada peringkat kedua (menerima insentif Rp80 miliar) dan Kementerian Kesehatan di posisi ketiga (insentif Rp70 miliar).

Terkait dengan prestasi ini, Menkumham Yasonna Laoly mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM. Mereka dinilai telah memperlihatkan kemampuannya dalam melaksanakan, mengelola, dan mengatur keuangan secara efektif dan efisien sesuai dengan ketentuan yang ada.

Yasonna juga berharap catatan positif ini juga akan menjadi tambahan semangat dalam pengelolaan anggaran yang efektif dan transparan pada tahun-tahun ke depan.

“Penghargaan ini merupakan prestasi yang baik. Semoga bisa dipertahankan, termasuk lewat pengelolaan yang transparan dan akuntabel demi kepentingan kinerja kementerian dan kepentingan terbaik rakyat," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (21/4/2020).

Yasonna melanjutkan, penghargaan ini sekaligus menegaskan transformasi yang terus dilakukan Kemenkumham terkait dengan pengelolaan anggaran. Sejak 2015, Kemenkumham berhasil mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK empat kali berturut-turut.

“Semua kerja keras menggunakan serta mengelola anggaran ini tak lain karena kami sadar betul bahwa ini uang rakyat yang harus dipertanggungjawabkan hingga sekecil-kecilnya” kata Menteri Yasonna Laoly.

Penetapan Kemenkumham sebagai kementerian dengan kinerja anggaran 2019 terbaik tertuang dalam keputusan Menteri Keuangan No. 154/KMK.02.2020 tentang Penetapan Kementerian Negara/Lembaga Penerima Insentif dan Besaran Insentif Tahun Anggaran 2020 Atas Kinerja Anggaran Kementerian Negara/Lembaga Tahun Anggaran 2019.

Adapun, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menjadi yang terbaik pada kategori pagu anggaran sedang yakni Rp2,5 triliun hingga Rp10 Triliun. Adapun Badan Tenaga Nuklir Indonesia menerima penghargaan tertinggi di kategori pagu anggaran kecil (di bawah Rp2,5 triliun).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper