Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peduli Corona, Komunitas Tuli di Gresik Sulap Kain Perca Jadi Masker

Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Komunitas Tuli Gresik (Kotugres) membuat masker dari kain perca dan membagikannya kepada masyarakat sekitar Unit Pelayanan Teknis (UPT) Resource Centre Gresik.
Ilustrasi pembuatan masker/Antara-Adeng Bustomi
Ilustrasi pembuatan masker/Antara-Adeng Bustomi

Bisnis.com, GRESIK – Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Komunitas Tuli Gresik (Kotugres) membuat masker dari kain perca dan membagikannya kepada masyarakat sekitar Unit Pelayanan Teknis (UPT) Resource Centre Gresik.

Kelompok mitra binaan PT Pertamina Gas yang merupakan afiliasi PT Pertamina (Persero) dan PT PGN Tbk. itu berhasil memanfaatkan peluang lewat kreasi mereka mengolah kain perca.

“Anggota Kotugres berinisiatif memproduksi masker dari kain perca dan dibagikan kepada masyarakat sekitar UPT,” ujar Innik HIkmatin, Ketua Unit Pelayanan Teknis Resource Centre Gresik melalui siaran pers, Rabu (15/4/2020).

Menurut Innik, pada saat membuat masker dari kain perca, anggota kelompok berinisiatif karena melihat masih ada beberapa tamu UPT Resources Centre yang belum bermasker selama pandemi virus corona (COVID-19).

“Teman-teman ingin ikut berkontirbusi dalam penanggulangan wabah ini. Akhirnya ada yang inisiatif buat masker dan dibagi gratis ke warga sekitar. Alhamdulilah warga menyambut baik,” ujarnya.

Kain perca yang dimanfaatkan untuk produksi masker, kata Innik, berasal dari sisa kain untuk produksi baju siap pakai Kotugres. Karena kemampuan memproduksi masker ini, akhirnya ada beberapa perusahaan yang memesan produk masker ke Kotugres.

“Karena keterbatasan produksi, teman-teman baru menyanggupi 500 buah pesanan masker,” paparnya.

Selama ini, salah satu fokus  keahlian produksi Kotugres adalah memproduksi  pakaian siap pakai, aneke produk konveksi seperti mukena, dan kerajinan tangan.  Saat ini, dalam satu bulan, rata-rata kelompok ini mampu menghasilkan 20 sampai dengan 30 potong pakaian siap pakai. Selain produksi pakaian siap pakai, sebagian anggota Kotugres juga menghasilkan produk makanan dan minuman siap saji.

Manager Communication, Relations, dan CSR PT Pertamina Gas, Zainal Abidin mengapresiasi langkah mitra binaan Pertagas yang tetap mampu berkreasi dan berempati di tengah pandemi.

“Kreativitas teman-teman Kotugres mengubah kain perca menjadi bermanfaat untuk pencegahan COVID-19 patut kita hargai,” ujarnya.

Dia menjelaskan Pertagas senantiasa mendampingi kelompok mitra binaannya untuk tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19 selama berproduksi.  

“Di satu sisi, kami sangat bersyukur karena di tengah wabah ini, komunitas binaan Pertagas masih mampu bertahan dan ikut membantu menggerakkan roda ekonomi di daerahnya masing-masing, minimal di kelompoknya sendiri,” ujarnya.

Selain Kotugres, kelompok binaan Pertagas lain seperti Kelompok Matahari di Bontang, dan Kelompok Asman Toga di Prabumulih kebanjiran pesanan. Kelompok Matahari dalam beberapa hari terakhir melakukan banyak menerima pesanan masker. Sementara itu, Kelompok Asman Toga harus menambah kapasitas produksi minuman herbal yang selama ini menjadi andalannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper