Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

'Bocoran' Xi Jinping untuk Jokowi, dan Relasi China - Indonesia Hadapi Corona

Presiden China Xi Jinping Kamis sore menelepon Presiden Joko Widodo. Kedua pemimpin negara itu salah satunya membicarakan cara penanganan wabah Corona atau Covid-19.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 03 April 2020  |  09:15 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Presiden China Xi Jinping, di sela-sela KTT G20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). - Reuters
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Presiden China Xi Jinping, di sela-sela KTT G20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019). - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden China Xi Jinping Kamis sore menelepon Presiden Joko Widodo. Kedua pemimpin negara itu salah satunya membicarakan cara penanganan wabah Corona atau Covid-19.

Melalui sambungan telepon Xi membagi pengalaman bangsanya keluar dari masa sulit pandemik Covid-19.

"Terima kasih telah berbagi pengalaman," kata Presiden Jokowi kepada Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping melalui sambungan telepon di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (2/4/2020) sore.

"Penyebaran virus [Corona] ini tidak mengenal batas negara. Oleh karena itu, kita harus terus bekerja sama menangani penyebaran virus ini dan saya juga sangat tidak setuju terhadap munculnya stigmatisasi. Upaya stigmatisasi ini sangat tidak bermanfaat di tengah situasi yang sulit ini," kata Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Presiden Xi Jinping menyampaikan rasa prihatin atas wabah Covid-19 yang juga melanda Indonesia.

Xi pun berbagi pengalaman negaranya dalam perang melawan Covid-19. Xi menyatakan siap menjadi pihak yang mendukung upaya Indonesia melawan wabah akibat virus Corona tersebut.

"Kami percaya dan yakin dengan kegigihan Anda, Indonesia pasti akan mengalahkan wabah Covid-19," tutur Presiden Xi Jinping.

Sebagai negara yang pertama kali terimbas wabah Covid-19, Tiongkok telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19. Presiden Xi menyampaikan bahwa Tiongkok siap melakukan kerja sama dengan berbagai negara.

"Indonesia akan menjadi salah satu prioritas kerja sama," ujar Presiden Xi.

"Secara umum, kami siap bekerja sama dengan rakyat Indonesia, bersatu padu untuk mengatasi Covid-19," imbuhnya seperti dilaporkan Antara, Jumat (3/4/2020).

Telepon Balasan

Percakapan telepon antara Xi Jinping dan Jokowi tidak terlepas dari apa yang pernah dilakukan Jokowi saat China direndam kasus Corona.

Perhatian dan simpati Indonesia atas kasus.Corona.di.China tidak dilupakan pemerintan Negeri Tirai Bambu tersebut.

Hal itu disampaikan Menlu Wang Yi.kepada Menlu Retno Marsudi dalam percapan telepon, Selasa (24/3/2020).

Seperti disampaikan melalui laman Kedubes China, Rabu (25/3/2020) Menlu Wang menegaskan bahwa wabah Covid-19 di berbagai belahan dunia menjadi tantangan yang dihadapi bersama oleh masyarakat internasional.

Disebutkan Wang, saat China menghadapi.wabah Corona, Presiden Jokowi menelepon Presiden Xi Jinping.

"Presiden Joko Widodo menyatakan dukungan dan pemerintah serta berbagai pihak di Indonesia mrnyampaikan donasi untuk China baik dalam bentuk bantuan dana maupun bantuan lainnya. Hal itu tidak akan.pernah kami lupakan," ujar Wang.

Kini, di saat Indonesia berjuang menghadapi Corona, China menyampaikan simpati dan mengulurkan bantuan untuk pemerintah dan rakyat Indonesia.

"China siap menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Indonesia dalam menghadapi Corona," ujar Wang.

Wang menyebutkan bantuan dari China sudah dikirimkan. Selanjutnya, Wang menyatakan akan memfasilitasi Indonesia mendapatkan perlengkapan untuk mengatasi wabah Corona.

"China juga siap berbagi pengalaman dengan Indonesia juga negara lain anggota Asean," ujar Wang terkait penanganan Corona.

China, ujar Wang, meyakini bahwa di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, Indonesia dapat mengatasi wabah yang sedang terjadi.

Menghadapi wabah Covid-19, ujar Wang, China dan Indonesia, yang merupakan anggota penting G20, perlu bekerja sama untuk meningkatkan solidaritas dan koordinasi di antara anggota G20 dan mengirimkan pesan soal pentingnya kebersamaan.

Menlu Retno Marsudi dalam kesempatan itu menyampaikan selamat atas keberhasilan China mengatasi wabah Corona secara efektif.

Menlu Retno juga mengapreasi China yang bersedia berbagi pengalaman dan mengirimkan perlengkapan kesehatan untuk Indonesia dan.negara lainnya.

"Hal itu menunjukkan tanggung jawab China sebagai negara besar," ujar Retno.

Pada kesempatan itu Menlu Retno juga menyampaikan perkembangan penanganan Corona di Indonesia.

Menlu Retno juga menyatakan ketertarikannya untuk belajar dari pengalaman China serta meningkatkan kerja sama dengan.China.

Menlu Retno sepakat bahwa virus tidak mengenal batas negara dan mempolitisasi wabah Corina tidak akan membantu terbentuknya solidaritas dunia melawan.Corona.

"Indonesia siap bersama China meningkatkan kerja sama di tingkat regional maupun global," ujar Menlu Retno.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi xi jinping Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top