Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sebelum Corona Datang, Konsumsi AS Tumbuh Tipis

Konsumsi masyarakat di Amerika Serikat tercatat tumbuh pada Februari 2020, pertanda ekonomi masih stabil sebelum virus corona menyerang.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  22:08 WIB
Seorang pria mengenakan masker di Times Square, New York./Bloomberg-John Nacion/STAR MAX - IPx via AP Photo
Seorang pria mengenakan masker di Times Square, New York./Bloomberg-John Nacion/STAR MAX - IPx via AP Photo

Bisnis.com, JAKARTA—Konsumsi masyarakat di Amerika Serikat bertumbuh pada Februari 2020, pertanda ekonomi masih stabil sebelum virus corona menyerang.

Data Departemen Perdagangan, seperti dilansir Bloomberg, Jumat (27/3/2020), konsumsi naik 0,2 persen pada Februari tahun ini. Angka tersebut juga sesuai dengan prediksi para ekonom yang dikompilasi oleh Bloomberg.

Data tersebut sekaligus cuplikan terakhir yang menggambarkan konsumsi masyarakat di Amerika Serikat masih relatif stabil. Tetapi, beberapa ekonom meyakini bahwa data-data ekonomi pada Maret tahun ini akan menunjukkan hal yang sebaliknya.

Dengan jumlah pemutusan hubungan kerja meningkat hingga jutaan dan penutupan toko-toko untuk mencegah penyebaran Covid-19, ekonom-ekonom memproyeksi adanya penurunan signifikan pada produk domestik bruto pada kuartal kedua tahun ini.

Laporan yang sama menunjukkan pendapatan individual juga naik 0,6 persen pada periode yang sama, mengulagi kenaikan pada bulan sebelumnya. Setelah menyesuaikan inflasi, konsumsi tumbuh 0,1 persen pada Februari 2020.

Selain itu, data inflasi inti naik 0,2 persen pada Februari 2020 dan naik secara tahunan sebesar 1,8 persen, melampui proyeksi. Indeks harga pengeluaran personal tumbuh 0,1 persen dengan kenaikan tahunan sekitar 1,8 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi as amerika serikat

Sumber : Bloomberg

Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top