Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peta Sebaran 1.046 Orang Positif Covid-19 di Indonesia, 598 Orang di Jakarta

Dari 1.046 orang positif Covid-19, sebagian besar atau separuhnya berada di Jakarta, tepatnya ada 598 kasus, 31 orang sembuh, dan 51 orang meninggal.
Update kasus Covid-19 di Indonesia per 27 Maret 2020/BNPB
Update kasus Covid-19 di Indonesia per 27 Maret 2020/BNPB

Bisnis.com, JAKARTA – Separuh dari jumlah orang positif virus corona penyebab Covid-19 di Indonesia berada di Jakarta.

Hal itu berasarkan data kasus Covid-19 yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jumat (27/3/2020).

Mengutip data dari www.covid19.go.id per hari ini jumlah kasus positif  Covid-19 di Idonesia ada 1.046. Jumlah ini mengalami penambahan sebanyak 153 kasus baru dari data kemarin, Kamis (26/5/2020).

Selain itu, ada penambahan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 9 orang, kini total menjadi 87 orang.  Adapun pasien yang sembuh juga bertambah 11 orang. Dengan demikian, total pasien yang sembuh 46 orang.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan kenaikan kasus baru Covid-19 menandakan masih banyaknya orang yang positif mengidap virus corona berkeliaran di masyarakat luas.

"Masih banyaknya pasien yang ditemukan positif, menandakan adanya orang-orang yang terinfeksi di tengah masyarakat," ucap Yuri.

Oleh karena itu, dia menekankan masyarakat untuk tertib menjaga jarak aman (social distancing).

"Anjuran untuk jaga jarak (social distancing) harus semakin dipatuhi. Mari patuhi bersama soal ini. Patuhi kontak dekat dengan masyarakat, baik di rumah atau di luar rumah," ucap Yuri.

Bila dicermati dari sebaran kasus Covid-19 secara nasional, dari 1.046 orang positif Covid-19, sebagian besar atau separuhnya berada di Jakarta, tepatnya ada 598 kasus, 31 orang sembuh, dan 51 orang meninggal.

Sebanyak 1.046 kasus positif Covid-19 itu tersebar di 28 provinsi. Setelah Jakarta,  kasus corona tertinggi berikutnya ada di Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur.

Data yang dikeluarkan Gusgus Tugas Percepatanan Penanganan Covid-19 ini berbeda dengan data yang dilansir oleh Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 DKI Jakarta, yakni 524 kasus.

Per hari ini, ada 524 pasien positif Covid-19 di Jakarta, 320 orang masih menjalani perawatan. Sementara itu, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh mencapai 31 orang, dan yang meninggal 51 orang.

Berdasarkan laman resmi Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 DKI Jakarta di corona.jakarta.go.id, jumlah kasus positif tersebar di 339 titik kelurahan, sementara 185 kasus positif lain belum diketahui titik lokasinya.

Peta Sebaran 1.046 Orang Positif Covid-19 di Indonesia, 598 Orang di Jakarta

Kasus Covid-19 di wilayah DKI Jakarta/www.corona.jakarta.go.id

Berdasarkan pemetaan tersebut, pasien sudah tersebar di 142 kelurahan. Artinya, lebih dari separuh total jumlah kelurahan di DKI Jakarta.

Tercatat beberapa kelurahan yang sebelumnya belum terdapat kasus tapi baru pada hari ini mendapatkan warganya yang positif, yakni Kedaung Kali Angke, Munjul, kramat jati, Menteng Atas, Kayu Manis, Malaka Sari.

Hingga kini, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, merupakan kelurahan dengan kasus positif terbanyak yang tersebar di beberapa titik kelurahan.

Yakni Pegadungan mencapai 15 orang, Kalideres 11 orang, Tegal Alur 3 orang, dan Kamal 1 orang.

Disusul beberapa kelurahan yang juga telah mencapai lebih dari 10 pasien positif Covid-19 seperti Tomang, dan yang mendekati seperti Senayan, Kelapa Gading Timur, dan Kebon Jeruk.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper