Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

FSGI : Anggaran UN Bisa Dialihkan ke Penanganan COVID-19

FSGI berpendapat anggaran ujian nasional (UN) jenjang SMP dan SMA yang ditiadakan bisa digunakan untuk penanganan COVID-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  15:06 WIB
Ilustrasi sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). - Antara/Syifa Yulinnas
Ilustrasi sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). - Antara/Syifa Yulinnas

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim mengatakan anggaran ujian nasional (UN) jenjang SMP dan SMA yang ditiadakan bisa digunakan untuk penanganan COVID-19.

"Kita tahu anggaran pelaksanaan UNBK selama ini masih cukup besar, ratusan miliar setiap tahun. Dengan ditiadakannya UN 2020, maka alokasi anggarannya bisa dialihkan untuk membantu penanganan penyebaran COVID-19," paparnya melalui keterangan tertulis pada Selasa (24/3/2020).

Menurut Satriwan, hal itu lebih bermanfaat, daripada dana dipakai untuk pelaksanaan UN yang juga tidak ada manfaatnya lagi bagi siswa.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan pemerintah membatalkan pelaksanaan UN SMP dan SMA untuk melindungi siswa dari penularan COVID-19.

FSGI juga meminta pemerintah untuk tidak membuat penilaian ujian sekolah daring, karena akan mempersulit siswa, guru, dan orang tua, mulai dari aspek persiapan teknis, kesiapan SDM guru dan tenaga teknis lain, kesiapan infrastruktur, dan lainnya.

"Peniadaan UN 2020 ini justru sangat bermanfaat besar bagi siswa sebab energi siswa, guru, dan orang tua akan lebih fokus kepada persiapan tes UTBK atau seleksi mandiri PTN."

FSGI menjelaskan nilai UN tidak lagi bermanfaat untuk siswa, karena tidak memengaruhi kelulusan dan juga seleksi pada jenjang berikutnya.

Selama 5 tahun terakhir, UN hanya digunakan untuk pemetaan kondisi pendidikan di daerah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ujian nasional Virus Corona covid-19

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top