Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pendaftaran dan Pelaksanaan UTBK 2020 Ditunda

Memperhatikan situasi nasional berkaitan dengan mewabahnya Covid-19, makan pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada 30 Maret 2020 dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada 20 April 2020.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  19:32 WIB
Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/4/2019). - Antara
Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/4/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi mengumumkan penundaan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 karena penyebaran virus corona baru atau Covid-19 yang terus meningkat.

Pengumuman tersebut disampaikan melalui Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020, yang ditanda tangani oleh Mohammad Nasih selaku ketua tim pelaksana.

“Memperhatikan situasi nasional berkaitan dengan mewabahnya Covid-19, makan pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada 30 Maret 2020 dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada 20 April 2020, ditunda,” tulis pernyataan tersebut.

Surat edaran itu melanjutkan pernyataan bahwa pendaftaran dan pelaksanaan UTBK akan diumumkan lebih lanjut, yang berarti masih belum ada tanggal pasti kapan proses tersebut akan dilaksanakan setelah mengalami penundaan ini.

Sebagai informasi, UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LTMPT, satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Tes ini bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan tingkat menengah dan sederajat (SMA/MA/SMK) serta lulusan Paket C. UTBK juga merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).

Adapun, sebelumnya LTMPT juga telah menunda pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dari 4 April menjadi 8 April 2020. Belum ada informasi resmi dari LTMPT apakah pengumuman ini juga akan terdampak virus corona.

Akan tetapi, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Sutrisna Wibawa dalam komentar di postingan Instagram LTMPT menyatakan bahwa jadwal pengumuman SNMPTN tidak mengalami perubahan.

“Pengumuman SNMPTN tetap tanggap 8 April 2020. Sedang kita proses, semoga nanti hasilnya yang terbaik untuk semua,” tulisnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona UTBK
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top