Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hyun Park dan Kesuksesan Lawan Corona

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan sebagai negara keempat dengan jumlah pasien terbanyak Coronavirus atau Covid-19 berhasil menyembuhkan banyak pasien, termasuk Hyun Park lelaki berusia 48 tahun yang membagikan pengalamannya melalui laman Facebook.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  10:23 WIB

Bsnis.com, JAKARTA – Korea Selatan sebagai negara keempat dengan jumlah pasien terbanyak Coronavirus atau Covid-19 berhasil menyembuhkan banyak pasien, termasuk Hyun Park lelaki berusia 48 tahun yang membagikan pengalamannya melalui laman Facebook.

Dikutip dari laman Facebook, Selasa (17/3/2020), dalam masa pemulihan setelah terdeteksi positif Corona, Hyun Park menganjurkan masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti anjuran dari pihak medis sekalipun banyak informasi yang simpang siur. Maklum saja, Covid-19 adalah virus baru yang sangat cepat menjadi pandemi.

“Maka kita harus berhati-hati. Jangan takut dan jangan panik,” tutur Hyun Park.

Dia menjelaskan, berdasarkan laporan dari China Center for Disease Control and Prevention (CCDC) pada 17 Februari 2020 mengatakan dari total 72.314 pasien Covid-19, 80% dari pasien tidak memiliki gejala ataupun hanya menunjukkan sedikit gejala. Umumnya pasien pun bisa pulih berkat sistem kekebalan mereka sendiri.

Meski demikian, 80% pasien yang tidak memiliki gejala masih tetap bisa terinfeksi dari orang lain. Kondisi inilah yang membuat Covid-19 sebagai virus yang sangat tinggi tingkat infeksinya.

Adapun 20% pasien yang punya gejala serius biasanya terlihat dari gajala kesulitan bernafas, dan mereka membutuhkan obat untuk penyembuhkan. Meski demikian, dengan belum adanya obat untuk penyembuhan Covid-19 saat itu, tim medis akan memaanfaatkan sejumlah obat yang sudah ada. Strategi ini cukup berhasil pada banyak pasien namun memungkinkan adanya efek samping.

Hyun Park menjelaskan, di Korea Selatan pasien pertama yang meninggal adalah lelaki berusia 40 tahun yang setiap hari mengalami batuk-batuk ringan. Lelaki ini seringkali lembur dalam bekerja selama satu pekan, dia pun ditemukan meninggal dan hasil tes menyatakan positif terjangkit Covid-19.

“Sayq sendiri pria yang sehat, pergi ke tempat gym seminggu 5 kali. Selalu mencuci tangan, memakai hand sanitizer, dan menjaga jarak dari area terjangkit Covid-19. Saya sempat naif dan bodoh berpikir bahwa ini bukan masalah saya. Seperti biasa, saya terlalu percaya diri,” tulis Hyun Park.

Oleh sebab itu, Hyun Park mengatakan penting bagi masyarakat dunia untuk mulai skeptis pada kondisi fisik dan sistem kekebalan tubuh. Dia menegaskan, tubuh jangan dipaksa untuk bekerja terlalu keras ataupun berolahraga terlalu rutin. Dia juga mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak dengan orang lain menjaga potensi terinfeksi.

“Cucilah tangan usai berkontak sosial.  Minumlah banyak air putih, makan yang sehat, tidur yang banyak, kurangi bepergian lama, dan berjemurlah untuk memperoleh vitamin D,” paparnya.

Sejumlah tips ini diakui Hyun Park sederhana namun penting dalam rangka meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dia mengingatkan meski anda masih muda dan sehat, anda masih tetap harus menjaga sistem kekebalan tubuh.

“Anda bisa menjaga pekerjaan anda, berolahraga, jalan-jalan ditunda dulu, jagalah diri anda dan orang-orang yang anda kasih,” sambungnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top