Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda Kepri Ringkus Pelaku Penyebar Hoaks Virus Corona

Polda Kepulauan Riau (Kepri) meringkus tersangka penyebaran informasi palsu atau hoaks ihwal virus corona atau covid-19 berinisial H pada Senin 16 Maret 2020 sekitar pukul 20.00 WIB.
Ilustrasi/JIBI-Antara
Ilustrasi/JIBI-Antara
BIsnis.com, JAKARTA - Polda Kepulauan Riau (Kepri) meringkus tersangka penyebaran informasi palsu atau hoaks ihwal virus corona atau covid-19 berinisial H pada Senin 16 Maret 2020 sekitar pukul 20.00 WIB.
 
Kepala Bidang Humas Polda Kepri Kombes Polisi Harry Goldenhardt mengaku pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk menurunkan link hoaks yang disebarkan pelaku melalui akun Facebook pribadinya. Tujuannya, kata Harry, agar masyarakat tidak terprovokasi dengan informasi tersebut, sehingga akan menimbulkan kepanikan di publik.
 
"Kita berharap seluruh masyarakat bersatu padu untuk melawan Virus Corona ini, minimal jangan meyebarkan isu yang tidak benar di media sosial," tuturnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa (17/3).
 
Harry menjelaskan bahwa tersangka menyebarkan link Youtube melalui akun Facebooknya, kemudian link tersebut juga disebarkan pelaku ke salah satu grup Facebook bernama Info Loker Pelaut.
 
Menurutnya, link Youtube tersebut berisi tentang adanya nahkoda kapal CMA CGM yang terinfeksi oleh virus corona atau covid-19.
 
"Berita bohong terebut dibagikan di grup Facebook info loker pelaut," katanya.
 
Dia mengungkapkan pelaku berinisial H kini tengah diperiksa intensif oleh tim penyidik Polda Kepri untuk didalami alasan dan motif tersangka dalam menyebarkan informasi hoaks tersebut.
 
"Yang bersangkutan masih kami periksa ya," ujar Harry.
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper