Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hoaks Soal Virus Corona Capai 232 Isu, Termasuk Presiden Jokowi Positif Covid-19

Salah satu temuan Kominfo yang paling berbahaya adalah isu hoaks bahwa Presiden Joko Widodo positif Covid-19.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 16 Maret 2020  |  16:34 WIB
Presiden Joko Widodo - Facebook resmi Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo - Facebook resmi Presiden Joko Widodo

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate mengatakan informasi bohong atau hoaks seputar Corona atau Virus Covid-19 sudah mencapai 232 isu.

Dia memerinci, jumlah hoaks yang beredar sebanyak 232 punya ragam konten yang meresahkan masyarakat. Salah satu temuan Kominfo yang paling berbahaya adalah isu hoaks bahwa Presiden Joko Widodo positif Covid-19.

“Ini [hoaks] tidak cerdas ini. Karena presiden kita dalam keadaan sehat, [konten] ini merugikan diri sendiri, merugikan keluarga, merugikan masyarakat, bangsa dan negara,” terang Johny dalam konferensi pers penanganan Covid-19 di Kominfo, Senin (16/3/2020).

Selain hoaks seputar pejabat negara yang terinfeksi Covid-19, beberapa contoh hoaks lain adalah seputar identitas pasien yang saat ini tengah dirawat. Misalnya, hoaks ke 231 mengatakan ada mitra Go-Jek yang melarikan diri dari RSUP Persahabatan. Johny menyatakan, pasien yang sempat kabur adalah perempuan setengah baya dan bukan mitra Go-Jek.

Contoh kasus hoaks Covid-19 ke 230 adalah berita soal suspek Covid-19 yang ditemukan di Delta Spa. Sementara untuk hoaks ke 229 soal Covid-19 adalah penyebaran pandemic tersebut sudah menjangkit ke masyarakat Klaten, Jawa Tengah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Virus Corona
Editor : Andhika Anggoro Wening
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top