Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Resep Ampuh Jokowi Cegah Tertular Virus Corona Covid-19

Jokowi mengaku dirinya biasa mengonsumsi minuman jahe merah, temulawak, serai, dan kunyit setiap pagi.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 12 Maret 2020  |  11:07 WIB
Presiden Joko Widodo berjalan menemui wartawan sebelum memberikan keterangan di Jakarta, Selasa (3/3 - 2020). Bisnis/Muhammad Khadafi
Presiden Joko Widodo berjalan menemui wartawan sebelum memberikan keterangan di Jakarta, Selasa (3/3 - 2020). Bisnis/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi punya cara khusus menangkal virus corona baru Covid-19.

Jokowi mengaku dirinya biasa mengonsumsi minuman jahe merah, temulawak, serai, dan kunyit setiap pagi.

"Sekarang karena ada corona [Covid-19] saya minum pagi siang malam," katanya dalam pembukaan HKTI Asian Agriculture & Food Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Namun, Jokowi mengatakan bahwa bahan rempah-rempah tersebut kini harganya naik. Hal ini seiring dengan upaya masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh dengan bahan herbal.

Selain itu Jokowi bergurau bahwa dirinya juga ikut berkontribusi terhadap kenaikan harga.

"Itu yang mungkin menyebabkan naik itu karena [saya] nggak minum sekali tapi tiga kali," katanya.

Pun Jokowi sejak pandemi Covid-19 telah mengganti jenis minuman untuk para tamu. "Bukan teh tapi saya ganti temulawak, jahe, serai, kunyit campur jadi satu [minuman]," tambah Presiden.

Adapun Kementerian Kesehatan dalam berbagai kesempatan menyampaikan bahwa imunitas menjadi penting untuk mencegah penularan Covid-19. Virus ini akan sulit menginfeksi orang dengan daya tahan tubuh kuat.

Tanaman herbal telah lama menjadi kearifan lokal guna menjaga daya tahan tubuh. Satu fungsi utama jahe adalah terhindar dari penyakit menular.

Sementara itu, hingga Rabu (12/3/2020) sore, Indonesia mengonfirmasi 34 pasien Covid-19. Sebanyak 30 di antaranya adalag WNI dan 4 lainnya WNA. Satu di antara WNA tersebut menjadi pasien Covid-19 pertama yang meninggal dunia di wilayah Tanah Air.

Pemerintah saat ini melakukan penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia dengan melakukan pelacakan terhadap kelompok setiap pasien. Pasalnya orang-orang yang telah melakukan kontak dekat dengan pasien Covid-19 berpotensi terinfeksi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top