Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Khawatir Virus Corona, Sanders dan Biden Batalkan Rencana Kampanye Publik

Dua bakal calon Presiden Amerika Serikat, Bernie Sanders dan Joe Biden membatalkan rencana kampanye di Cleveland, Ohio, Selasa (10/3/2020) di tengah kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona (Covid-19) di acara-acara publik.
Mantan Wapres AS Joe Biden/Bloomberg
Mantan Wapres AS Joe Biden/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Dua bakal calon Presiden Amerika Serikat, Bernie Sanders dan Joe Biden membatalkan rencana kampanye di Cleveland, Ohio, Selasa (10/3/2020) di tengah kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona (Covid-19) di acara-acara publik.

Namun, Presiden Donald Trump mengambil langkah yang berbeda dan mengumumkan pada Selasa malam bahwa dia akan menghadiri acara koalisi 'Katolik untuk Trump' di Milwaukee, Wisconsin, pada 19 Maret.

Juru bicara Sanders, Mike Casca, mengatakan senator Vermont tersebut membatalkan kampanye "karena kepedulian terhadap kesehatan dan keselamatan masyarakat."  Casca menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa semua acara Bernie di tahun ini akan dievaluasi berdasarkan kasus per kasus.

Pengumuman Sanders, yang diikuti dalam satu jam kemudian oleh Biden, mengindikasikan bahwa bahwa kampanye presiden 2020 akan beradaptasi dengan penyebaran wabah Covid-19, yang juga menyebabkan pembatalan konferensi dan pertemuan besar lainnya.

Tim kampanye Biden membuat pernyataan serupa dan mengatakan bahwa keputusan mereka dibuat atas asas kehati-hatian.

“Kami akan terus berkonsultasi dengan pejabat kesehatan masyarakat dan bimbingan kesehatan masyarakat serta membuat pengumuman mengenai agenda mendatang," kata Kate Bedingfield, wakil manajer tim kampanye untuk Biden, seperti dikutip Bloomberg.

Sementara itu, Komite Nasional Demokrat mengatakan pada Selasa malam bahwa debat antara Biden dan Sanders di Arizona pada 15 Maret mendatang akan diadakan tanpa penonton langsung.

Sebelum tim kampanye Trump mengumumkan pertemuan di Milwaukee, Wakil Presiden Mike Pence mengatakan akan melakukan pertimbangan setiap hari terhadap rencana acara.

"Saya sangat yakin bahwa tim kampanye akan mengambil informasi terbaik dan membuat keputusan terbaik ke depan," kata Pence pada konferensi singkat terkait Covid-19.

Trump terakhir mengadakan rapat umum pada 2 Maret. Dia mengatakan pada akhir pekan bahwa dia akan terus menggelar aksi kampanye dengan ribuan pendukung terlepas dari ancaman virus.

Sanders mengunjungi dua tempat pemungutan suara di Michigan sebelum ia diperkirakan akan mengadakan rapat umum di Ohio yang menggelar pemilihan utama pekan depan.

Di luar lokasi pemungutan suara di Dearborn Heights pada hari Selasa, Sanders berjabat tangan dengan para pendukung dan berfoto setelah berbicara dengan wartawan.

"Saya telah menggunakan lebih banyak pembersih tangan dalam dua pekan terakhir daripada yang saya gunakan sepanjang hidup saya," kata Sanders di CNN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper