Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menlu Retno Terima Penghargaan dari Afghanistan, Apa Itu?

Bintang Penghargaan Malalai adalah salah satu bintang penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah Afghanistan
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 02 Maret 2020  |  05:23 WIB
Menlu Retno Marsudi saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait larangan sementara berkunjung ke Arab Saudi - Bisnis/Muhammad Khadafi
Menlu Retno Marsudi saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait larangan sementara berkunjung ke Arab Saudi - Bisnis/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, MANADO - Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, menganugerahkan Bintang Kehormatan “Malalai” kepada Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam kunjungan kerja yang dilaksanakan di Kabul, Afghanistan, Minggu (1/3/2020).

“Sebagai penghargaan atas kerja keras yang terus menerus, dalam memajukan kerja sama bilateral dan membangun rasa percaya antara Indonesia dan Afghanistan, membangun perdamaian di kawasan dan dunia, saya dengan hormat menganugerahkan Bintang Kehormatan 'Malalai' kepada Menlu Retno Marsudi”, ujar Presiden Ashraf Ghani sesaat sebelum penyematan bintang kehormatan tersebut.

Bintang Penghargaan Malalai adalah salah satu bintang penghargaan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah Afghanistan kepada tokoh nasional maupun internasional yang telah memberikan kontribusi luar biasa kepada Afghanistan. 

Nama Malalai diambil dari nama salah seorang Pahlawan Nasional Wanita Afghanistan, Malalai Ana, yang memimpin perjuangan rakyat Afghanistan melawan penjajahan Inggris pada tahun 1880.

Dikutip dari rilis Kementerian Luar Negeri, dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk membantu proses perdamaian di Afghanistan, terutama terkait dua aspek, yaitu Dialog Ulama, melalui Konferensi Ulama di Indonesia pada tahun 2020, dan pemberdayaan wanita, melalui Jaringan Solidaritas Wanita Afghanistan-Indonesia, yang juga baru diresmikan pada hari yang sama. 

“Rakyat Indonesia senantiasa akan bersama rakyat Afghanistan untuk perdamaian yang lestari di Afghanistan,” kata Retno.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

afghanistan retno l.p. marsudi
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top