Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Resmi! Kemenlu Arab Saudi Setop Sementara Kunjungan Umrah

Langkah tersebut diambil dalam rangka mengantisipasi penyeberan virus corona ke Arab Saudi. Seperti diketahui, Afghanistan menjadi salah satu negara Timur Tengah yang menemukan kasus virus corona.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 27 Februari 2020  |  09:39 WIB
Jemaah umrah di Masjidil Haram - Reuters/Amr Abdallah Dalsh
Jemaah umrah di Masjidil Haram - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menetapkan untuk menyetop izin kunjungan ibadah Umrah dan akses ke makam Nabi Muhammad di Madinah untuk sementara akibat wabah virus corona yang kian meluas.

"Kunjungan masuk ke Kerajaan Arab Saudi untuk tujuan Umrah dan atau kunjungan ke Makam Nabi di Madinah untuk sementara ditutup," tegas Kementerian Luar Negeri Arab Saudi di akun Twitter-nya, Selasa (27/2/2020).

Langkah tersebut diambil dalam rangka mengantisipasi penyeberan virus corona ke Arab Saudi. Seperti diketahui, Afghanistan menjadi salah satu negara Timur Tengah yang menemukan kasus virus corona.

Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga melarang kunjungan turis dari negara yang terjangkit virus corona.

"Berdasarkan kriteria yang ditetapkan otoritas kesehatan Arab Saudi, sementara hal ini disuspen." ungkap Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Penggunaan kartu identitas di luar paspor bagi kunjungan ke Arab Saudi untuk sementara tidak diperbolehkan.

Adapun, pengecualian diberikan bagi warga negara Arab Saudi yang meninggalkan Tanah Airnya menggunakan kartu identitas. Warga negara dari negara-negara teluk yang terikat dalam Gulf Cooperation Council diberikan pengecualian serupa, jika mereka ingin keluar dari Arab Saudi setelah masuk dengan menunjukkan kartu identitasnya saja.

"Arab Saudi: menegaskan langkah ini hanya sementara dan dapat dievaluasi oleh otoritas terkait," tulis kementerian tersebut.

Dalam pernyataan ini, Arab Saudi juga mendukung semua kebijakan internasional untuk membatasi wabah virus corona dan meminta warganya untuk mempertimbangkan berpergian ke negara-negara yang sudah terkena wabah virus corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi umrah Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top