Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Coronacoin, Beredar Kabar Virus Corona Menular Lewat Uang Tunai dan Kartu Kredit

Virus, secara umum, cenderung bertahan lebih lama pada permukaan yang keras seperti kartu kredit dan koin daripada pada permukaan yang keropos seperti kain dan uang dolar.
Karyawan minimarket menggesekan kartu debit di mesin Electronic Data Capture (EDC), di Jakarta, Selasa (5/9). Bank Indonesia melarang penggesekan ganda (double swipe) dalam transaksi nontunai dalam setiap transaksi./ANTARA-Muhammad Adimaja
Karyawan minimarket menggesekan kartu debit di mesin Electronic Data Capture (EDC), di Jakarta, Selasa (5/9). Bank Indonesia melarang penggesekan ganda (double swipe) dalam transaksi nontunai dalam setiap transaksi./ANTARA-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Dapatkah virus corona hidup pada uang tunai di saku Anda atau di kartu kredit di dompet Anda? Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa ATM, kartu kredit, dan tablet pembayaran di restoran penuh dengan segala macam kuman penyebab penyakit.

"Uang tunai bukan kendaraan yang baik untuk mengangkut virus pernapasan, namun kartu memiliki potensi yang sedikit lebih besar," kata Dr. Susan Whittier, ahli mikrobiologi klinis di New York-Presbyterian Hospital di Columbia University Medical Center, sebagaimana dikutip USA Today,  Rabu (19/2/2020).

"Jika seseorang batuk, dan kemudian mereka menyerahkan kartu kredit mereka kepada seseorang di seberang meja, saya tidak akan mengenyampingkan potensi penularan."

Virus, secara umum, cenderung bertahan lebih lama pada permukaan yang keras seperti kartu kredit dan koin daripada pada permukaan yang keropos seperti kain dan uang dolar, Whittier menambahkan.

Namun, bank-bank Cina pada dasarnya telah mulai mencuci uang untuk menghancurkan uang tunai yang berpotensi terinfeksi sebelum diserahkan kembali.

"Uang tunai yang diterima oleh bank harus disterilkan sebelum dirilis ke pelanggan," situs web pemerintah Cina baru-baru ini mengumumkan. Negara ini menggunakan sinar ultraviolet dan panas untuk membunuh bakteri di permukaan mata uang.

Meskipun saat ini jelas tidak diperlukan, melakukan pembayaran dan transfer digital bisa menjadi solusi yang layak bagi orang-orang yang terguncang oleh ancaman dari uang tunai yang terinfeksi.

"Setiap kali Anda mengurangi kontak dengan permukaan yang terkontaminasi, Anda mengurangi risiko terkena virus," kata Whittier.

Telah ada lonjakan investasi dalam cryptocurrency seperti Bitcoin sejak berita tentang virus corona baru menyebar di udara, yang mungkin kebetulan semata.

Bitcoin, sebagai pemimpin pasar, mengalami rekor bulan Januari, memecahkan $ 100.000 sehari di Cina saja, CEO perusahaan itu, Stefan Rust, mengatakan kepada USA Today.

Mata uang digital terdesentralisasi itu melihat "lonjakan lebih besar dari itu" secara global pada bulan Februari. Bitcoin saat ini diperdagangkan $ 10.152 per saham.

Setelah Bitcoin dalam ruang pembayaran mobile adalah Ethereum, yang mengalami saham secara bertahap naik pada pertengahan Januari, meskipun saham dihargai jauh lebih rendah pada $ 278. Platform mata uang digital Ripple (XRP) mengalami saham melonjak pada waktu yang sama.

China, yang tampaknya menjadi titik nol untuk kasus-kasus virus corona, adalah negara yang secara digital berada beberapa tahun ke depan dari AS terkait menghilangkan uang kertas.

Tetapi, potensi penurunan ekonomi karena pabrik-pabrik tutup, para pekerja tetap di rumah dan penghentian pariwisata dapat mendorong para investor untuk melarikan diri dari saham berisiko dan memarkir uang mereka di tempat lain.

"Orang-orang mencari tempat yang aman dan cryptocurrency mungkin tempat yang aman," kata Rust.

Seseorang juga beralih ke Reddit minggu ini untuk mengumumkan jenis baru cryptocurrency yang dijuluki "Coronacoin", yang mengklaim didukung oleh penyebaran penyakit pernapasan yang mematikan itu.

Sebagian dari dana yang dihasilkan akan disumbangkan ke Palang Merah, menurut coronatoken.org.

Untuk saat ini, Coronacoin sebenarnya tidak berharga, diperdagangkan kurang dari setengah sen, menurut situs pelacakan bitcoin CoinGecko.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper