Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KSP Pastikan Belum Ada Kasus Positif Virus Corona di Indonesia

Kantor Staf Presiden melalui Pusat Informasi Terpadu Penanganan Virus Corona menginformasikan belum ada satu kasus positif virus corona di Tanah Air.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Februari 2020  |  20:04 WIB
Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona untuk penelitian di Laboratorium Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya di Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (6/2/2020). ANTARA FOTO - Umarul Faruq
Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona untuk penelitian di Laboratorium Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya di Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (6/2/2020). ANTARA FOTO - Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Staf Presiden melalui Pusat Informasi Terpadu Penanganan Virus Corona menginformasikan hingga Jumat pukul 12.00 WIB, belum ada satu kasus positif virus corona di Tanah Air.

"Kami ingin menginformasikan sampai hari ini, Jumat 7 Februari 2020, per jam 12.00 WIB belum ditemukan satu kasus positif di Indonesia," kata Deputi II KSP bidang Pembangunan Manusia, Abetnego Tarigan, dalam konferensi pers, di Jakarta, Jumat(7/2/2020).

Ia mengatakan pemerintah akan terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan untuk mengidentifikasi virus corona.

Sejauh ini pemerintah terus melakukan kerja sama dengan WHO, serta terus melakukan koordinasi untuk penanganan virus corona secara baik.

"Namun walaupun sampai jam 12.00 tadi belum ditemukan kasus positif, tapi tetap penting bagi kita untuk waspada. Yang namanya virus, urusannya adalah kesehatan umum maka penanganan dan pencegahan menjadi sangat penting," ujar Tarigan. 

Lebih jauh dia berharap keberadaan Pusat Informasi Terpadu Penanganan Virus Corona yang resmi dibuka Jumat hari ini, dapat menghindari stigmanisasi terhadap WNI yang tengah diobservasi di Natuna.

Sebab, kata dia, stigmanisasi dapat berujung pada diskriminasi dan menjadi masalah baru.

Abet menyampaikan, Pusat Informasi Terpadu Penanganan Virus Corona menyediakan data terkait kasus di wilayah regional, penyebaran virus secara global serta perkembangan penanganan virus corona di China.

KSP dalam kesempatan itu menekankan kehadiran negara dalam mencegah serta menangani wabah corona.

Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh pelayanan kesehatan did aerah agar proaktif nerespon setiap keluhan yang dialami masyarakat.

"Kami perlu menyampaikam tidak perlu satu kekhawatiran luar biasa, yang dibutuhkan adalah satu kewaspadaan luar biasa," ujar Tarigan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

virus corona

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top