Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yudian Wahyudi, Rektor UIN Sunan Kalijaga Jadi Kepala BPIP

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Yudian Wahyudi resmi dilantik menjadi kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP). Dia menggantikan Haryono yang sebelumnya berstatus pelaksana tugas (Plt.).

Bisnis.com, JAKARTA- Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Yudian Wahyudi resmi dilantik menjadi kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP). Dia menggantikan Haryono yang sebelumnya berstatus pelaksana tugas (Plt.). Haryono ditunjuk sebagai Plt. setelah Yudi Latif mundur sebagai kepala BPIP pada Juni 2018.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara," kata Yudian mengucap sumpah menirukan ucapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (5/2/2020). 

Setelahnya Yudian sebagai kepala BPIP akan memiliki hal keuangan dan lainnya setara menteri. 

Juru Bicara Presiden RI M. Fadjroel Rachman mengatakan bahwa Jokowi memiliki alasan tersendiri memilih Yudian. "Yang bersangkutan dianggap sangat pantas, sangat sangat pantas untuk memimpin lembaga tersebut dalam upaya pembinaan ideologi pancasila," katanya. 

Simak live streaming pelantikan Kepala BPIP tersebut dari akun Youtube Sekretariat Presiden di atas.

Mengutip laman resmi UIN Sunan Kaliga, Yudian menamatkan pendidikan S1 dan S2 di IAIN Sunan Kalijaga. Dia meraih gelar PhD di Universitas McGill pada 2002 silam. Dia juga tercatat sempat menerbitkan buku 'Hukum Islam antara Filsafat dan Politik'.

Yudian sendiri adalah pendiri pesantren Nawesea. Dia juga membangun Sunan Averroes Islamic Boarding School, lembaga pendidikan dari jenjang TK, SD, dan SMP.

Sementara itu pelantikan tersebut dihadiri juga oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Selain itu hadir pula jajaran Kabinet Indonesia Maju seperti  Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Adapun BPIP merupakan lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden. Lembaga ini memiliki tugas membantu presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila dan tugas yang terkait dengan hal tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper