Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Evakuasi WNI di Wuhan, KBRI Koordinasikan Titik Penjemputan

Proses evakuasi mahasiswa dan WNI yang berada di Wuhan, China, diinformasikan sudah menemukan titik cerah. Selain Presiden sudah memerintahkan agar evakuasi dilakukan segera, langkah diplomatik pun menghasilkan lampu hijau dari pihak China.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 31 Januari 2020  |  10:18 WIB
Seorang pria membeli masker di sebuah apotek setelah tersebarnya virus corono di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Foto diambil (29/1 - 2020). China Daily via Reuters
Seorang pria membeli masker di sebuah apotek setelah tersebarnya virus corono di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Foto diambil (29/1 - 2020). China Daily via Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Proses evakuasi mahasiswa dan WNI yang berada di Wuhan, China, diinformasikan sudah menemukan titik cerah. Selain Presiden sudah memerintahkan agar evakuasi dilakukan segera, langkah diplomatik pun menghasilkan lampu hijau dari pihak China.

Kementerian Luar Negeri menyatakan bahwa pemerintah China siap memfasilitasi pemulangan WNI dari wilayah terdampak virus corona strain baru atau novel Coronavirus (2019-nCoV) di Provinsi Hubei ke Indonesia.

Sementara itu, para mahasiswa di Wuhan, berdasar informasi terkini, Jumat (31/1/2020) menyebutkan telah berlangsung rapat antara PPIT Wuhan dan pihak KBRI.

"Hasil tadi malam Pak Presiden mendukung penuh proses evakuasi. Kami berkoordinasi dengan KBRI terkait titik kumpul dan titik penjemputan," papar Khoirul, salah satu mahasiswa Indonesia di Wuhan, melalui pesan singkatnya di WA Grup.

Di sisi lain, Khoirul menyebutkan kendala sebaran mahasiswa. "Kendala kami saat ini adalah sebaran mahasiswa di kampus Hubei, seperti yang diketahui provinsi Hubei masih di Lockdown jadi agak susah untuk WNI berpindah dari satu tempat ke tempat lain," ujar Khoirul.

"Harapannya kami bisa keluar dan sampai di Indonesia dengan selamat, dengan tetap memperhatikan faktor-faktor potensi bawaan virus," lanjutnya.

Khoirul menyebutkan KBRI dan PPITW tetap memperhatikan kondisi mahasiswa semua. "Kami menghimbau untuk menjaga kesehatan individu agar selalu fit dan melaksanakan kiat-kiat preventif penularan nCov."

Secara pribadi Khoirul menghimbau kepada sesama mahasiswa agar tidak melakukan posting apa pun ke media sosial supaya pembaca tidak misinterpretasi atas proses yang sedang berlangsung.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia mengatakan sudah ada titik cerah evakuasi bagi 243 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China terkait dengan wabah virus corona.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan hal tersebut didapat setelah melalui proses diplomasi yang dilakukan Kementerian Luar Negeri. 

"Pemerintah sudah dalam posisi untuk masuk, untuk melakukan evakuasi," ujarnya, Kamis (30/1/2020). 

Dia menuturkan saat ini pemerintah telah memulai persiapan evakuasi dengan cara mendata setiap WNI yang berada di sana dengan bantuan dari para mahasiswa yang berada di sana. Kemudian setelah data valid yang dapat dipertanggungjawabkan, pemerintah akan segera melakukan tindakan evakuasi. 

"Saat ini pemutakhiran data memerlukan waktu, agar tidak ada WNI yang tertinggal di sana," imbuhnya. 

Faizansyah menjelaskan mekanisme pemulangan WNI yang dilakukan pemerintah akan dikumpulkan di titik yang ada di Kota Wuhan. Kemudian, mereka dievakuasi terlebih dahulu ke provinsi lain.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan provinsi mana yang akan menjadi lokasi penempatan. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan karantina selama beberapa waktu sebelum akhirnya dipulangkan ke tanah air.

Terkait dengan moda transportasi udara untuk memulangkan WNI, pemerintah masih mempertimbangkan partisipasi maskapai swasta dalam berkontribusi memulangkan para WNI di sana. Adapun, saat ini untuk bantuan dari TNI, sudah disiapkan sebanyak dua helikopter untuk membantu evakuasi para WNI.

Dia menekankan bahwa pemerintah membuka diri bagi maskapai swasta yang ingin membantu pemerintah memulangkan para WNI di Wuhan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kbri virus corona

Sumber : bisnis.com

Editor : Saeno
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top