Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anggota DPR Minta Pemerintah Siapkan SOP Penyelamatan WNI di Wuhan

Sukamta berharap pemerintah dapat memberikan perhatian secara ekstra. Menurutnya pemerintah perlu memastikan semua WNI yang ada di Wuhan khususnya dan juga kota-kota lainnya dalam kondisi aman dan baik.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 27 Januari 2020  |  14:19 WIB
Sebuah foto yang dirilis oleh Rumah Sakit Pusat Wuhan menunjukkan staf medis yang merawat pasien di Rumah Sakit Pusat Wuhan melalui Weibo di Wuhan, China. Tidak diketahui tanggal pangambilan foto. -  The Central Hospital of Wuhan via Weibo / via Reuters
Sebuah foto yang dirilis oleh Rumah Sakit Pusat Wuhan menunjukkan staf medis yang merawat pasien di Rumah Sakit Pusat Wuhan melalui Weibo di Wuhan, China. Tidak diketahui tanggal pangambilan foto. - The Central Hospital of Wuhan via Weibo / via Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Virus Corona yang telah menjangkiti 2.300 orang dengan 80 di antaranya meninggal dunia di Wuhan, China. Virus ini juga dilaporkan telah menyebar di 13 negara seperti Thailand dan Singapura.

Menanggapi perkembangan kasus virus corona, anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyatakan hal tersebut perlu menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia.

“Kita tentu bersimpati kepada seluruh warga dan pemerintah China yang saat ini sedang mendapat musibah virus corona, semoga wabah ini bisa segera bisa teratasi dengan baik,” kata Sukamta dalam keterangan resmi, Senin (27/1/2020).

Berdasarkan data Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok Cabang Wuhan (PPIT Wuhan) berjumlah setidaknya ada 93 warga negara Indonesia yang berada di Wuhan.

Sukamta berharap pemerintah dapat memberikan perhatian secara ekstra. Menurutnya pemerintah perlu memastikan semua WNI yang ada di Wuhan khususnya dan juga kota-kota lainnya dalam kondisi aman dan baik.

“Langkah awal tentu saja Kemenlu perlu memastikan keberadaan dan keselamatan WNI yang ada di Wuhan dan juga China secara umum,” kata Sukamta.

Dia mengatakan bagi WNI di Wuhan yang saat ini sedang terisolir, perlu dipastikan akomodasi dan kebutuhan logistiknya dapat tercukupi dengan baik.

Menurutnya, jika ada WNI yang terkena virus corona, naka perlu dipastikan mendapat pelayanan pengobatan yang baik.

“Tentu kita berdoa semua WNI di sana semua sehat dan tidak ada yang terinfeksi Corona,” katanya.

Sukamta meminta pemerintah melalui KBRI dan KJRI dapat memberikan standar operasional prosedur secara jelas untuk pengamanan dan penyelamatan WNI yang ada di Wuhan.

Pemerintah, katanya, juga perlu terus memberikan informasi kondisi WNI di sana kepada masyarakat di Tanah Air.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

virus corona
Editor : M. Taufikul Basari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top