Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Minta Kemenhub Kembangkan Pelabuhan Bojonegara

Pemerintah akan meningkatkan fasilitas sarana transportasi di Banten sebagai penyangga Jakarta.
Ilustrasi/ANTARA-Seno
Ilustrasi/ANTARA-Seno
 
Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah akan meningkatkan fasilitas sarana transportasi di Banten sebagai penyangga Jakarta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan dalam pertemuan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, pihaknya memaparkan konsep pengembangan transportasi untuk wilayah Banten. Pengembangan meliputi kereta api, bandara dan pelabuhan. 

"Pak Wapres [Ma'ruf] minta dikembangkan pelabuhan Bojonegara. Kita [Kementerian Perhubungan] akan pelajari, kami minta nanti Pelindo II mempresentasikan [konsep pengembangan]," kata Budi di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (07/1/2020).

Dalam dua pekan ke depan Wakil Presiden juga akan melakukan kunjungan kerja ke Banten. Kunjungan ini akan melihat berbagai pengembangan sarana transportasi di wilayah itu.

Budi menyebutkan selain pelabuhan, di Banten juga dilakukan pengembangan sarana transportasi kereta api. Wilayah ini telah terhubung dalam jaringan kereta listrik hingga Rangkasbitung. Rencananya sistem kereta listrik di Banten akan diperpanjang hingga Serang dan berakhir di Merak. 

"Sebenarnya ada jalur kereta api yang menuju ke Labuan sama ke Pandeglang. Nah itu kita akan aktifkan untuk reaktivasi sehingga masyarakat Lebak, Pandeglang, Serang itu bisa berinteraksi menggunakan kereta api," katanya.


Sedangkan untuk bandara, Budi menyebutkan akan dikembangkan beberapa bandara penunjang Jakarta di Banten. Bandara yang disiapkan yakni di sekitar Penjo, Pandeglang, serta kawasan reklamasi Teluk Naga. 

"Kami bayangkan Jakarta 2045 atau 2100 kita harus siapkan bandara-bandara yang banyak sebagai satu alternatif. Kalau di negara maju itu satu kota besar bandaranya bisa 5-6. Kita siapkan dari sekarang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper