Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesta Kembang Api Saingi Asap Kebakaran Hutan di Sydney

Otoritas setempat mengatakan pesta kembang api menyambut Tahun Baru di Sydney tetap dilaksanakan meskipun kota tersebut diselimuti asap pada Selasa (31/12/2019).
Ilustrasi pesta kembang api./REUTERS-Luisa Gonzalez
Ilustrasi pesta kembang api./REUTERS-Luisa Gonzalez

Bisnis.com, SYDNEY - Otoritas setempat mengatakan pesta kembang api menyambut Tahun Baru di Sydney tetap dilaksanakan meskipun kota tersebut diselimuti asap pada Selasa (31/12/2019).

Gelombang panas dan angin kencang memicu kebakaran hutan di wilayah tenggara Australia.

Pihak berwenang mendesak para wisatawan di New South Wales (NSW) untuk pergi ke pantai untuk menghindari kebakaran di tempat peristirahatan, tempat perkemahan dan taman karavan yang selalu dipenuhi pengunjung.

"Mencari tempat berlindung dan meningkatkan keamanan Anda lebih dekat ke pantai ... adalah pilihan yang jauh lebih aman," kata Komisaris Dinas Pemadam Kebakaran New South Wales Shane Fitzsimmons.

Sebagian besar kobaran api dipicu oleh kilat, kata dia.

Ia juga memperingatkan bahwa kobaran api bisa semakin besar menyusul sambaran petir dari dua atau tiga hari terakhir.

"Di bawah kondisi angin yang panas dan kering hari ini, kebakaran di wilayah baru dapat terjadi," ujar Fitzsimmons.

Otoritas pemadam kebakaran terus berusaha memadamkam kebakaran hutan agar pertunjukan pesta kembang api malam Tahun Baru di atas Sydney Harbour dapat disaksikan masyarakat secara jelas.

Beberapa kelompok masyarakat dan politisi mendesak agar pesta kembangi api itu dibatalkan karena kekhawatiran risiko kebakaran dan solidaritas dengan kota-kota lain yang terpaksa membatalkan pesta kembang api.

"Banyak dari kita memiliki perasaan campur aduk tentang malam ini, tetapi hal penting yang kita ambil dari ini adalah bahwa kita adalah negara yang tangguh," kata perdana menteri negara bagian New South Wales Gladys Berejiklian kepada wartawan.

"Saya tidak dapat menghapus rasa kehilangan yang mendalam dan tragedi yang dirasakan banyak orang di seluruh negara bagian," katanya.

Pada Senin, seorang relawan pemadam kebakaran tewas setelah truk yang ditumpanginya diterpa angin yang sangat kencang.

Fitzsimmons mengatakan petugas pemadam kebakaran menggambarkan adegan itu sebagai "tornado api yang mengerikan".

Di negara bagian tetangga, Victoria, petugas pemadam kebakaran mengatakan banyak bangunan lenyap pada Senin ketika angin bertiup melalui wilayah timur negara bagian itu, memaksa evakuasi para wisatawan.

Gumpalan api setinggi 14 kilometer (8,7 mil) menciptakan sistem cuaca sendiri, menghasilkan petir dan angin kencang, dengan beberapa gumpalan api yang menjulang tinggi seperti tornado, kata pengendali wilayah Otoritas Pemadam Kebakaran Negara bagian Victoria Peter O'Keefe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Reuters & Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper