Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Undian Lotre "El Gordo" US$2,62 Miliar Meriahkan Musim Natal di Spanyol

Lupakan tentang Black Friday atau pun lampu berkelap-kelip khas tradisi Natal. Sebab, musim Natal di Spanyol justru dibuka dengan lotre El Gordo, yang membagikan hadiah senilai €2,38 miliar atau US$2,62 miliar.
Seseorang mempeihatkan fotokopi tiket undian El Gordo, saat menghadiri undian lotre Spanyol tersebut./Reuters
Seseorang mempeihatkan fotokopi tiket undian El Gordo, saat menghadiri undian lotre Spanyol tersebut./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Lupakan tentang Black Friday atau pun lampu berkelap-kelip khas tradisi Natal. Sebab, musim Natal di Spanyol justru dibuka dengan lotre El Gordo, yang membagikan hadiah senilai €2,38 miliar atau US$2,62 miliar.

El Gordo, lotre terkaya di dunia, membuat seluruh orang-orang di Spanyol datang bersama untuk membeli tiket undian tersebut. El Gordo, yang diterjemahkan sebagai “Yang Gendut”, bahkan menempatkan penduduk Spanyol ke dalam antusiasme keberuntungan.

Dilansir dari Reuters, Kamis (19/12/2019), warga Spanyol berkerumun di depan layar kaca hanya untuk menyaksikan pengambilan angka keberuntungan El Gordo. Dalam siaran yang berlangsung selama tiga jam tersebut, bahkan membuat anak-anak di sekolah menyanyikan angka kemenangan.

Tradisi El Gordo sangat mengakar di Spanyol. Hal itu berawal lebih dari dua abad lalu, ketika Perang Saudara (1936-1939) tengah berlangsung. Saat itu, pihak Republik dan Nasionalis, sama-sama mengadakan lotre Natal di Barcelona dan Burgos.

Siaran pertama undian itu pun ditayangkan pada 1957, tepat satu tahun setelah saluran langsung televisi hadir di Spanyol.

Peraturan undian itu cukup mudah. Masyarakat Spanyol diperkenakan membeli secara berulang nomor lotre yang sama. Saat mendekati pengumuman pengundian, bar lokal, perusahaan, dan asosiasi turut membagikan nomor undian kepada para pelanggan mereka.  

Sesuai tradisi, para pemenang undian akan kembali ke tempat pembelian tiket keberuntungan mereka, membuka botol-botol  cava – sejenis wine – seraya menikmati hasil kemenangan tersebut.

El Gordo dijalankan secara resmi oleh lotre Spanyol. Menurut aturannya, setelah uang para pemenang dibayarkan, hasil penjualan tiket akan didistribusikan untuk anggaran negara. Tahun lalu, orang-orang Spanyol menghabiskan €2,82, dengan rata-rata €60,30 per orang.

Tiket paling umum biasanya dijual €20 dengan tawaran hadiah uang hingga €400.000, dikurangi pajak. Undian ini sengaja dirancang untuk memungkinkan sebanyak mungkin orang menang kecil atau setidaknya mencapai titik impas dengan tiket gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper