Menlu Retno Dijadwalkan Hadiri Asia-Europe Meeting di Madrid

Selain itu, Menlu Retno juga diagendakan akan hadir dalam Dialog Delhi ke-11 di New Delhi, India pada 13-14 Desember 2019.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 12 Desember 2019  |  20:59 WIB
Menlu Retno Dijadwalkan Hadiri Asia-Europe Meeting di Madrid
Menlu Retno Marsudi - Dok. Kemenlu

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dijadwalkan akan menghadiri pertemuan Asia-Europe Meeting (ASEM) ke-14 di Madrid, Spanyol, pada 15-16 Desember 2019.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan dalam pertemuan yang mengangkat tema "Together for Effective Multilateralism" tersebut, Menlu Retno akan menitikberatkan pada tema konektivitas.

"Ibu Menlu akan memberikan atensi lebih besar dalam menyangkut tema konektivitas. Konektivitas ini baik hard conectivity atau pembangunan keterhubungan fisik dan juga soft conectivity dalam artian bagaimana kita bisa memanfaatkan nilai-nilai keekonomian dari kerja sama antara kawasan Asia dan eropa," ujar Faizasyah di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Terkait isu kelapa sawit, kata Faizasyah, tidak menutup kemungkinan hal tersebut turut dibahas dalam pertemuan bilateral di sela-sela pertemuan ASEM.

"Tidak kemungkinan bagi pihak Indonesia mengangkat masalah ini karena (ASEM) itu kesempatan menteri luar negeri semua anggota Uni Eropa hadir," katanya.

Selain itu, Menlu Retno juga diagendakan akan hadir dalam Dialog Delhi ke-11 di New Delhi, India pada 13-14 Desember 2019.

Kunjungan ke India tersebut sekaligus juga akan dimanfaatkan untuk pertemuan bilateral dengan India dalam Joint Commission Meeting ke-6. Dalam pertemuan tersebut akan dibahas sejumlah isu yang meliputi kerja sama pertahanan dan keamanan, serta kerja sama ekonomi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kemenlu

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top