Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

B Corp Community Dorong Swasta Lakukan Perubahan Sosial

B Corp Community di Indonesia yang beranggotakan perusahaan dan organisasi, seperti Danone-AQUA, Prasetya Mulya, Innate Motion, dan SIAP, kembali menyelenggarakan “B Corp Forum 2019 – Dare to Care: Using Business as a Force for Good”.

Bisnis.com, JAKARTA - B Corp Community di Indonesia yang beranggotakan perusahaan dan organisasi, seperti Danone-AQUA, Prasetya Mulya, Innate Motion, dan SIAP, kembali menyelenggarakan “B Corp Forum 2019 – Dare to Care: Using Business as a Force for Good”.

Forum tahunan ini mengundang lebih dari 200 peserta yang berasal dari berbagai entitas, seperti badan pemerintahan, startups, perusahaan swasta, mahasiswa, dan juga pelaku usaha sosial.

Forum ini bertujuan lebih dari sekedar meningkatkan kesadaran para pemangku kepentingan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang berkelanjutan demi menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi konsumen dan masyarakat.

Secara spesifik, B Corp Forum ingin memperkenalkan B Corporation sebagai sertifikasi global yang dapat menonjolkan organisasi/perusahaan yang memiliki standar tinggi dalam menjalankan usahanya, seperti melakukan kinerja sosial dan lingkungan yang terverifikasi, menerapkan transparansi publik, serta memiliki akuntabilitas yang baik dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial.

Sampai hari ini, ada lebih dari 3.000 perusahaan yang berhasil mendapatkan sertifikasi dari B Corporations. Perusahaan-perusahaan ini tersebar di lebih dari 70 negara dan bergerak di 150 bidang industri yang berbeda. Di Indonesia saat ini ada empat perusahaan yang tersertifikasi oleh B Corp, yaitu Danone-AQUA, Beachgold, Mycotech, Innate Motion, dan Indosole.

Pricilla Henriette dari B Corp Community Indonesia mengatakan, sangat penting baik secara perseorangan maupun perusahaan, untuk semakin peduli akan dampak yang  diberikan terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar, terutama dengan semakin mendesaknya isu perubahan iklim dan masalah sampah.

"Selain itu, perlu kita soroti adanya perubahan perilaku konsumen seperti yang ditunjukkan Global Consumer Confidence Survey yang dilakukan oleh The Conference Board dan Nielsen pada tahun 2017," demikian dikutip dari siaran persnya.

Sebanyak 81% responden menyatakan dengan tegas bahwa perusahaan harus turut serta dalam usaha menjawab masalah-masalah sosial dan lingkungan. Sebagai bagian dari B Corp Community, kami telah sejak lama menyadari pentingnya menjalankan praktik bisnis yang seimbang, yaitu tak hanya berfokus menghasilkan keuntungan semata, malainkan juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial.

Selain itu, forum ini juga akan memperkenalkan B Corp Certification sebagai standar dan salah satu cara kredibel untuk mengukur kinerja suatu perusahaan bagi para pekerjanya, komunitas sekitar, lingkungan, dan konsumen.

Di Indonesia, inisiatif seperti ini juga dapat diterapkan oleh perusahaan-perusahaan demi membantu pemerintah mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs). 

Amalia Adininggar Widyasanti, Staf Ahli Menteri Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan BAPPENAS yang mewakili Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPENAS) mengatakan, kontribusi dari sektor privat sangat krusial dalam mendukung pencapaian Target Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs) dan juga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Mustahil bagi pemerintah untuk bekerja sendirian dalam mewujudkan prioritas-prioritas pembangunan Indonesia. Kolaborasi dengan sektor swasta dan para pemangku kepentingan lainnya dalam pencapaian dua target nasional tersebut dapat menjadi fondasi yang sangat baik untuk mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi negara maju di 2045," ujarnya.

“Mewakili para pelaku usaha asal Eropa di Indonesia, kami sangat mendukung inisiatif dari B Corp Community, dan turut mengajak perusahaan-perusahaan Eropa yang beroperasi di Indonesia untuk mengambil sertifikasi B Corp. Kami menegaskan bahwa salah satu misi kami di Indonesia adalah untuk mendukung pemerintah memenuhi target pembangunannya dan menghasilkan fondasi perekonomian yang kuat untuk menyokong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kami percaya bahwa salah satu caranya adalah dengan menerapkan praktik-praktik bisnis yang berkelanjutan.” ujar Corrine Tap, Chair of EuroCham Indonesia 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper