Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku Seni Kenang Ciputra : Pak Ci Pelopor dan Inspirator

Selain dikenal sebagai begawan properti Indonesia, pengusaha pendiri Ciputra Group, Ir Ciputra juga termasyhur akan perhatiannya yang besar pada bidang seni.
Ciputra
Ciputra

Bisnis.com, JAKARTA - Selain dikenal sebagai begawan properti Indonesia, pengusaha pendiri Ciputra Group, Ir Ciputra juga termasyhur akan perhatiannya yang besar pada bidang seni.

Dia mendirikan Ciputra Artpreuneur di bilangan Kuningan, Jakarta, yang merupakan satu-satunya pusat seni di Indonesia berstandar internasional dengan kapasitas 1.157 kursi. 

Pusat seni itu juga mencakup museum karya seniman Hendra Gunawan yang merupakan koleksi pribadi Pak Ci, begitu dia biasa disapa.

Suwarno Wisetrotomo, Kurator dari Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta mengatakan, Ciputra adalah pelopor sekaligus inspirator di bidang seni rupa. Tak hanya maestro di bidang properti, kiprahnya juga merambah seni dan budaya.

"Pak Ci adalah inspirator. Pak Ci menggagas lahirnya artpreneurship, yang memikirkan kerja seni dan karya seni menjadi kerja dan produk budaya yang produktif," katanya kepada Bisnis, Rabu (27/11/2019).

Dia melanjutkan, institusi gedung pertunjukan Ciputra, dan koleksi karya seni rupa, terutama karya Hendra Gunawan merupakan bukti komitmen, keberpihakan, dan passion Ciputra kepada seni budaya.

Suwarno melanjutkan, masyarakat terutama pelaku seni dan budaya pantas mengenang sang pelopor dan inspirator itu dengan takzim.

"Semoga berpulang dalam damai," ujar Suwarno.

Ciputra meninggal dunia di Singapura sekira pukul 01.05 waktu setempat. Selain pengusaha properti, Ciputra juga dikenal sebagai seorang filantropis, dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra, pendiri Universitas Pembangunan Jaya dan penggerak Universitas Tarumanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper