Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mahfud MD Akui Pemerintah Cenderung Abai Terhadap Rekomendasi Ombudsman

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebut pemerintah cenderung masih abai terhadap rekomendasi dari Ombudsman.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 27 November 2019  |  11:15 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD saat memberi sambutan dalam acara penganugerahan predikat kepatuhan kepada pemerintah oleh Ombudsman RI di Jakarta, Rabu (27/11 - 2019). Rayful Mudassir / Bisnis Indonesia
Menko Polhukam Mahfud MD saat memberi sambutan dalam acara penganugerahan predikat kepatuhan kepada pemerintah oleh Ombudsman RI di Jakarta, Rabu (27/11 - 2019). Rayful Mudassir / Bisnis Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebut pemerintah cenderung masih abai terhadap rekomendasi dari Ombudsman.

Berdasarkan catatannya baik sebagai orang yang aktif di pemerintah, pengadilan maupun akademisi dan pegiat lembaga swadaya masyarakat, dia menilai Ombudsman masih belum efektif dalam belasan tahun terakhir.

"Banyak pemerintah yang dapat rekomendasi itu abai [terhadap rekomendasi Ombudsman], padahal Ombudsman ini dibentuk oleh negara untuk membantu pemerintah dan membantu rakyat bukan memusuhi pemerintah," katanya  dalam acara penganugerahan predikat kepatuhan kepada pemerintah oleh Ombudsman RI, Rabu (27/11/2019).

Menurutnya, saat ini masih ada pihak-pihak yang menyepelekan kerja Ombudsman. Padahal lembaga ini dibentuk sebagai penghubung antara pemerintah dengan rakyat. Apalagi terhadap masyarakat yang tidak mampu menjangkau pemerintah.

Ombudsman lanjutnya akan memberi jalan penyelesaian kepada masyarakat yang bersifat rekomendasi penyelesaian objektif, bukan peradilan. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan lembaga itu.

"Tapi sudah bagus. Tapi kurang efektif sampai saat ini sehingga kita perlu mendukung adanya Ombudsman itu sebagai salah satu institusi yang dibentuk oleh negara," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ombudsman
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top